Protein FGF1 (image : PDB 1afc)
Protein FGF1 (image : PDB 1afc)

Injeksi Tunggal Protein FGF1 Membalikkan Diabetes Pada Mencit

Diposting pada

Bhataramedia.com – Para peneliti melaporkan bahwa suntikan tunggal dari protein tertentu secara sementara dapat membalikkan gejala diabetes pada tikus.

Tikus-tikus percobaan yang digunakan diinduksi dengan diet yang memicu diabetes, setara dengan diabetes tipe 2 pada manusia. Injeksi dari protein FGF1 memulihkan kadar gula darah tikus-tikus tersebut ke kisaran yang sehat selama lebih dari dua hari. Protein tersebut juga membalikkan ketidakpekaan insulin, yang merupakan penyebab diabetes.

Menurut para ilmuwan di Salk Institute, injeksi protein FGF1 tidak menyebabkan jenis efek samping yang sering terlihat pada penggunaan banyak obat diabetes lainnya. Para peneliti melaporkan temuan mereka di jurnal Nature edisi 16 Juli.

“Temuan ini dapat membantu upaya untuk mengembangkan obat diabetes yang lebih aman dan efektif bagi para penderita diabetes,” kata para peneliti.

“Mengontrol glukosa (gula darah) merupakan masalah dominan di dalam masyarakat kita,” kata Ronald Evans, rekan penulis studi ini dan direktur di Salk Gene Expression Laboratorium di La Jolla, California.

“FGF1 menawarkan metode baru untuk mengontrol glukosa dengan cara yang kuat dan tak terduga,” lanjut dia, seperti dilansir News Max Health (16/7/2014).

“Banyak penelitian sebelumnya yang menggunakan protein FGF1 tidak menunjukkan pengaruh pada tikus yang sehat,” kata Michael Downes, seorang ilmuwan dan staf senior di Salk. “Namun, ketika kami menyuntikkan FGF1 ke tikus yang menderita diabetes, kami melihat perkembangan glukosa yang dramatis,” Downes menambahkan.

Menurut para peneliti, penelitian lebih lanjut masih diperlukan sebelum menggunakan protein FGF1 sebagai obat untuk mengobati orang-orang dengan diabetes. Penelitian pada hewan sering tidak berjalan dengan baik pada saat di uji coba pada manusia.

Hampir 30 juta orang Amerika menderita diabetes tipe 2.

Referensi Jurnal :

Jae Myoung Suh, Johan W. Jonker, Maryam Ahmadian, Regina Goetz, Denise Lackey, Olivia Osborn, Zhifeng Huang, Weilin Liu, Eiji Yoshihara, Theo H. van Dijk, Rick Havinga, Weiwei Fan, Yun-Qiang Yin, Ruth T. Yu, Christopher Liddle, Annette R. Atkins, Jerrold M. Olefsky, Moosa Mohammadi, Michael Downes, Ronald M. Evans. Endocrinization of FGF1 produces a neomorphic and potent insulin sensitizer. Nature, 2014; DOI: 10.1038/nature13540