Kanker Prostat Pada Pria Muda Lebih Agresif dan Sering Terjadi

Pita biru, simbol kepedulian terhadap kanker prostat.

Bhataramedia.com – Jumlah pria yang lebih muda didiagnosis dengan kanker prostat telah meningkat hampir 6 kali lipat di dalam 20 tahun terakhir. Menurut analisis baru dari para peneliti di University of Michigan Comprehensive Cancer Center, kanker prostat lebih mungkin menjadi agresif pada orang yang lebih muda.

Biasanya, kanker prostat lebih sering terjadi pada saat laki-laki menginjak usia 70-an atau 80-an. Kanker prostat kebanyakan tumbuh secara lambat dan banyak pria yang lebih tua didiagnosis dengan tahap awal kanker prostat akan meninggal akibat selain kanker prostat.

Namun, para peneliti menemukan bahwa ketika kanker prostat terjadi pada usia lebih muda, kemungkinan tumor akan tumbuh dengan cepat.

“Serangan awal kanker prostat cenderung agresif dan menyerang laki-laki pada kehidupan utama mereka. Tumor yang tumbuh cepat pada pria muda kemungkinan dapat dideteksi melalui skrining karena rentang waktu yang pendek sebelum kanker tersebut mulai menunjukkan gejala klinis,” kata Kathleen A. Cooney, M.D., profesor penyakit dalam dan urologi di University of Michigan.

Peter Rich berusia 59 tahun ketika didiagnosis dengan kanker prostat stadium 4. PSA nya hanya 9, tetapi penyakit itu sudah menyebar ke tulang rusuk, tulang belakang dan kelenjar getah bening.

“Berpikir mengenai kematian sangat menghancurkan perasaan,” kata Rich, yang harus pensiun dari pekerjaannya sebagai seorang pekerja sosial sekolah karena pengobatan kanker yang dideritanya.

Rich didiagnosis enam tahun yang lalu. Kelangsungan hidup rata-rata untuk kanker prostat stadium 4 pada umumnya kurang dari tiga tahun.

Cooney dan Scott Tomlins, M.D., Ph.D., asisten profesor patologi di UM, memimpin studi baru yang didukung oleh Departemen Pertahanan AS untuk melihat DNA dari jaringan prostat normal dan jaringan prostat dengan kanker pada pria yang didiagnosis dengan kanker prostat sebelum usia 61 tahun. Mereka akan melihat apakah laki-laki muda lebih mungkin untuk mewarisi mutasi genetik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai studi ini, hubungi U-M Cancer AnswerLine di 800-865-1125.

Pria dengan riwayat keluarga dengan kanker prostat memiliki kesempatan dua sampai tiga kali lebih besar untuk didiagnosis menderita kanker prostat. Risiko tersebut meningkat untuk laki-laki muda dengan beberapa kerabat yang terkena dampak.

Kanker prostat menjangkiti keluarga Rich. Seperti Rich, saudaranya didiagnosis menderita kanker prostat pada usia 50-an. Selain itu, sepupu dan pamannya juga menderita kanker prostat.

Analisis baru yang diterbitkan di Nature Reviews : Urology, menemukan bahwa pria dengan serangan awal kanker prostat memiliki varian genetik yang lebih daripada pria yang didiagnosis dengan kanker prostat pada usia lanjut. Para peneliti menunjukkan bahwa konseling genetik atau peningkatan pengawasan pada pria muda dengan riwayat keluarga kanker prostat sangat diperlukan.

Pria Amerika memiliki risiko 16 persen terkena kanker prostat di dalam hidup mereka, tetapi hanya memiliki risiko 3 persen meninggal akibat kanker prostat.

“Tantangannya adalah pemahaman mengenai jenis kanker prostat mana yang paling mungkin menjadi agresif dan mematikan,” kata Cooney.

“Prognosis yang buruk dari kanker prostat stadium lanjut yang terjadi di awal kehidupan mendukung gagasan bahwa ada jenis kanker prostat baru dari pria yang menderita serangan awal kanker prostat. Jenis kanker prostat tersebut lebih agresif dan memerlukan keahlian khusus, termasuk sekuensing genetik,” pungkas Cooney, seperti dilansir University of Michigan Health System (15/7/2014).

Referensi Jurnal :

Claudia A. Salinas, Alex Tsodikov, Miriam Ishak-Howard, Kathleen A. Cooney. Prostate cancer in young men: an important clinical entity. Nature Reviews Urology, 2014; 11 (6): 317 DOI: 10.1038/nrurol.2014.91.

You May Also Like