gangguan tidur
Ilustrasi.

Tak Kunjung Bisa Tidur? Cobalah Trik Ini !

Diposting pada

Bhataramedia.com – Banyak orang yang di dunia ini yang mengalami insomnia alias kesulitan saat akan memejamkan mata. Berbagai tips sudah masyhur dilakukan agar cepat terlelap, misalnya mandi air hangat, minum susu, hingga mengkonsumsi obat penidur. Namun, jika Anda belum tertidur juga setelah melakoni prosesi di atas, ada patutnya jika Anda coba beberapa trik di bawah ini.

1. Hirup udara melalui lubang hidung sebelah kiri

Berbaringlah miring ke kiri, lalu tutup lubang kanan hidung Anda dan mulailah menarik napas panjang dan dalam. Menurut penulis buku Sleep Better With Natural Therapies, Peter Smith, metode yoga ini sangat manjur digunakan ketika udara panas atau berkeringat, terutama bagi wanita yang telah menopause.

2. Berusahalah untuk rileks

Berdasarkan trik dari ahli kecemasan Charles Linden, meregangkan otot sangat baik untuk mempercepat tidur. Berbaringlah telentang, tarik napas dalam-dalam sambil meremas jari-jari kaki. Ulangi proses ini, kali ini dengan menarik napas sambil menggulung kaki ke lutut.

3. Coba untuk tetap terjaga

Pernahkah Anda mendengar istilah paradoks tidur? Cobalah menantang diri Anda untuk terjaga sepanjang malam. Yakinkan diri bahwa Anda tidak akan tidur malam itu. Niscaya otak akan memproses hal negatif ini sebagai “himbauan untuk segera tidur”. Demikian yang dijelaskan Julie Hirst, ahli psikoterapi.

4. Putar bola mata

Menurut Sammy Margo, penulis The Good Sleep Guide, memejamkan mata seraya memutar bola mata tiga kali dapat membantu melepaskan hormon melatonin, yakni hormon yang diproduksi ketika mata mengantuk.

5. Bayangkan sesuatu

Masih menurut Sammy, meditasi paling baik agar cepat terlelap adalah membayangkan sesuatu setidaknya dengan tiga indera. Misalnya, bayangkan Anda berjalan di padang bunga, mata Anda menatap hamparan bunga yang indah, hidung Anda menghirup aroma wangi kelopaknya dan kaki Anda memijak rumput yang tebal.

6. Bersenandung

Dr. Chris Idzikowski, penulis Sound Asleep, The Expert Guide To Sleeping Well, menyarankan agar seseorang bersenandung untuk diri sendiri ketika merasa tidak bisa tidur. Caranya, duduklah dengan posisi nyaman dan rahang tertutup, lalu ambil dan keluarkan napas melalui hidung. Setelah itu, ambil napas melalui mulut dan bersenandunglah sampai napas habis. Setelah enam kali, biasanya Anda akan segera mengantuk.

7. Tekan tubuh Anda di titik tertentu

Ada titik-titik di tubuh Anda yang dapat mempercepat tidur jika Anda tekan dengan lembut namun tegas. Letakkan ibu jari di antara alis di atas lekukan hidung selama 20 detik, lalu ulangi dua kali. Bisa juga dengan menumpangkan kaki kanan di atas kaki kiri, lalu tekan lekukan diantara ibu jari kaki dan jari kedua.

Sedangkan menurut ahli hipnoterapis Sharon Stiles, insomnia kebanyakan dipicu oleh kekhawatiran menghadapi hari esok. Jadi, selain mencoba trik fisik, ada baiknya Anda juga menata pikiran sehingga tidur yang sehat dan berkualitas akan segera diperoleh.