Gel Baru Mampu Bunuh Bakteri Resisten Antibiotik

cawan petri

Bhataramedia.com – Para ilmuwan di Universitas Queen di Belfast telah membuat apa yang mereka gambarkan sebagai sebuah terobosan di dalam memerangi “superbug” yang resisten di rumah sakit.

Para peneliti telah mengembangkan gel antibakteri yang membunuh E. coli, Staphylococcus dan agen bakteri lain yang tidak terpengaruh oleh antibiotik dan obat lain.

Gel tersebut mampu memecah lapisan tebal seperti jelly yang dikenal sebagai biofilm. Lapisan biofilm  ini menyelubungi bakteri sehingga membuat bakteri sangat tahan (resisten) terhadap antibiotik dan obat-obatan.

“Ketika bakteri menempel pada permukaan, seperti pada implan medis untuk penggantian pinggul dan kateter, bateri menghasilkan zat seperti jelly yang disebut biofilm,” kata Garry Laverty, M.D., dari Sekolah Farmasi di Universitas Queen.

“Lapisan pelindung ini hampir mustahil untuk ditembus oleh antibiotik yang ada saat ini. Oleh karena itu bakteri yang berada di dalam lapisan pelindung ini akan tahan terhadap paparan terapi. Bakteri tumbuh dan berkembang pada permukaan untuk menyebabkan infeksi yang sangat sulit untuk diobati. Satu-satunya pilihan adalah untuk mengangkat implan medis, sehingga menyebabkan rasa sakit lebih lanjut dan ketidaknyamanan bagi pasien. Namun, gel yang kami telah kami kembangkan akan mencegah hal tersebut,” lanjut Garry, seperti dilansir Newsmax Health (19/8/2014).

Gel yang sangat inovatif ini terbuat dari protein alami yang disebut peptida. Menurut laporan para ilmuwan di jurnal Biomacromolecules, gel ini akan dengan cepat membunuh bakteri.

You May Also Like