Categories: Science

Peningkatan Konsumsi Kopi Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes Tipe 2

Bhataramedia.com – Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan para peneliti di Harvard School of Public Health (HSPH), orang-orang yang meningkatkan jumlah konsumsi kopi setiap harinya lebih dari 1 cangkir selama 4 tahun mempunyai resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 lebih rendah 11% daripada mereka yang kurang mengkonsumsi kopi. Studi tersebut juga menemukan adanya peningkatan resiko diabetes tipe 2 sebesar 17% pada mereka yang mengurangi konsumsi kopi lebih dari 1 cangkir per hari.

“Temuan kami mengkonfirmasi studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi kopi berkaitan dengan menurunnya resiko penyakit diabetes tipe-2”, kata Shilpa Bhupathiraja, penulis dan peneliti di Department of Nutrition, HSPH. “Yang paling penting, mereka menemukan bukti baru bahwa perubahan pola konsumsi kopi dapat mempengaruhi resiko diabetes tipe-2 dalam waktu yang relatif singkat”.

Studi ini dimuat secara online Kamis, 24 April 2014 di Diabetologia (the journal of the European Association for the Study of Diabetes). Para peneliti menganalisis data pada konsumsi kopi berkafein dan tanpa kafein, serta konsumsi teh berkafein pada 48.464 wanita dalam the Brigham and Women’s Hospital based Nurses Health study (1986-2006), 47.510 wanita dalam Nurses’ Health Study II (1991-2007), and 27.759 pria dalam the Health Professionals Follow-up Study (1986-2006). Partisipan diet dievaluasi setiap 4 tahun sekali dengan kuesioner, penderita diabetes tipe-2 diberikan kuesioner tambahan. Sebanyak 7.269 kasus diabetes tipe-2 telah didokumentasikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang meningkatkan konsumsi kopi lebih dari 1 cangkir per hari (perubahan median=1,69 cangkir/hari) selama 4 tahun mempunyai resiko terkena penyakit diabetes 11% lebih rendah daripada mereka yang tidak meningkatkan jumlah konsumsi kopi (secangkir kopi berisi 8 ons kopi hitam dengan sedikit tambahan gula dan/atau susu). Mereka yang menurunkan konsumsi kopi sehari-hari lebih dari 1 cangkir (perubahan median = 2 cangkir/hari) 17% lebih rentan terhadap resiko penyakit diabetes tipe 2. Perubahan dalam konsumsi kopi tanpa kafein dan konsumsi teh tanpa kafein tidak berkaitan dengan perubahan resiko diabetes tipe 2.

Related Post

“Temuan tersebut lebih lanjut menunjukkan adanya manfaat kesehatan kopi bagi kebanyakan orang,” kata Frank Hu, penulis senior dan Profesor Gizi dan Epidemiologi di HSPH. Tetapi kopi hanyalah salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi resiko diabetes, yang terpenting setiap individu harus mengatur berat badan dan aktif secara fisik. Penelitian ini didukung oleh Hibah Penelitian dari National Institute of Health. Penelitian Shilpa Bhupathiraja didukung oleh Hibah Postdoctoral Fellowship dari American Health Association.

Referensi Jurnal :

Shilpa Bhupathiraju et al. Changes in coffee intake and subsequent risk of type 2 diabetes: three large cohorts of US men and women. Diabetologia, April 2014 DOI: 10.1007/s00125-014-3235-7.

Fuad Gandhi Rizal

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago