Cara Membuat Audio Suara HP Android Menjadi Jernih

Diposting pada

Kualitas audio yang dihasilkan oleh setiap perangkat mungkin selalu berbanding lurus dengan hardware atau bagian komponen yang digunakan dalam perangkat. Memang kualitas suara yang baik selalu menjadi hal yang paling diidamkan oleh setiap pendengarnya. Perangkat audio memang sejatinya diciptakan dan perkembangan yang seharusnya menjadi lebih baik.

Namun terkadang ada beberapa perangkat khususnya perangkat smartphone yang memiliki kualitas audio yang biasa-biasa saja. Mungkin ini bukanlah sesutu yang salah, mengingat bahwa memang fungsi bukan sebagai speaker atau pengeras suara, namun ini juga setidaknya berkorelasi dimana fungsi smartphone adalah telepon seluler yang dimana suara adalah hal terpeting dari perangkat itu sendiri.

Tapi kembali lagi, setiap perangkat itu memiliki varian yang berbeda, harga juga bisa menentukan kualitas tersebut. Nah maka dari itu, Anda bisa mengakali perangkat smartphone Anda agar menghasilkan kualitas suara yang jernih dan berkualitas dengan menerapkan beberapa langkah mudah seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Cara Meningkatkan Kualitas Audio HP Android

Sebelum Anda melangkah ke penerapan dibawah ini, Anda harus mengetehui bahwa langkah ini menggunakan bantuan software dari UltraM8 yang tidaklain merupakan project pengembangan dari Ainur Nero yang juga terkenal sebagai pengembang software dan perangkat audio kualitas tinggi. Cara kerja dari aplikasi mereka adalah dengan menghapus seluruh API Audio standar dari file lagu (mp3/mwa/ogg/midi/dan lainnya), kemudian file ini akan di convert ke DAC (digital to analog coverter) sebagai output. Sehingga ini memungkinkan kualitas Audio yang dihasilkan oleh perangkat akan jauh lebih baik.

Namun aplikasi ini membutuhkan system rooting yang telah diterapkan di smartphone dan telah menginstall custom recovery TWRP. Jadi jika Anda belum melakukan kedua hal ini, Anda bisa menyimak artikel woiden sebelum dibawah ini:

Nah setelah Anda menerapkan kedua kebutuhan yang diperlukan diatas, maka selanjutnya ikuti langkah penerapan dibawah in:

  1. Download File Mod Audio

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan download part mod audio berformat file zip yang dibutuhkan. Anda bisa mendownload file ini melalui link dibawah ini:

  • https://www.mediafire.com/?lea5bm5mj21g2i5

File inilah yang nantinya Anda gunakan untuk meningkatkan Audio di hp Android Anda. File ini bukan aplikasi, melainkan mod file atau custom mod yang harus diinstall melalui custom recovery TWRP seperti yang dijelaskan pada langkah kedua dibawah.

  1. Flash Zip Audio Nero

Nah setelah Anda mendownload file mod yang dibutuhkan, maka selanjutnya Anda harus masuk ke mode custom recovery twrp. Caranya matikan perangkat, kemudian tekan sembari menahan tombol fisik “Power” + “Volume Bawah” (Sesuai smartphone, setiap hp memiliki tombol fungsi berbeda-beda).

Setelah berada di menu download yang muncul dilayar, arahkan ke menu tombol “Install”, lalu arahkan lagi ke folder “Download” lalu pilih file “Ainur Nero.zip”. Nah cukup konfirmasi langkah dilayar dan ikut langkah flashing tersebut.

Flash ini hanya bisa Anda lakukan jika Anda telah menginstall atau smartphone Anda telah memiliki fungsi custom recovery. Lebih jelasnya baca artikel woiden dari link yang dicantumkan diawal paragraf diatas.

Setelah proses flashing selesai dan booting kembali ke layar utama smartphone Android. Maka Anda sudah bisa mencoba perubahaan kualitas Audio yang dihasilkan. Mod Custom Audio ini cukup baik karena masih memungkinkan atau mendukung penggunaan aplikasi Equalizer seperti Dolby Atmos, Viper4Android, DFx dan sebagainya untuk mendapatkan hasil audio yang lebih ciamik.