kopi
Kopi.

Peneliti Temukan Cara Terbaik Menikmati Minuman Kopi

Diposting pada

Bhataramedia.com – Kopi dapat dikatakan sebagai salah satu minuman favorit banyak orang di dunia. Banyak orang mengaku bahwa meminum minuman ini dapat membuat tubuh dan pikiran mereka rileks dan lebih bertenaga. Jenis minuman kopi sangat beragam, begitu pula cara menikmatinya.

Hal ini juga diteliti oleh beberapa institusi besar, salah satunya adalah University of Naples. Seperti dilansir Daily Mail (10/4/2014), Para peneliti dari institusi ini meneliti cara terbaik untuk menikmati secangkir kopi.

Menurut para peneliti, cara yang terbaik yang dapat membuat semua rasa dan aroma dari kopi keluar dan dapat dinikmati secara maksimal adalah dengan meminumnya dengan cara sekali teguk. Cara ini tentunya bertolak belakang dengan cara menikmati minuman Wine yaitu dengan meminumnya dalam jumlah yang sedikit, lalu membiarkannya di mulut sejenak untuk melepaskan aroma dan rasanya, kemudian menelannya.

Penelitian ini telah dirilis di jurnal Food Research International.

Para peneliti ini mengungkapkan bahwa kita dapat mengeluarkan dan merasakan aroma dan rasa paling kuat, saat kita menggunakan cara di atas dalam meminum kopi atau dengan cara meminumnya dengan satu tegukan besar. Mereka menemukan bahwa cara ini dapat mempengaruhi kadar aroma yang dilepaskan minuman ini, sehingga rasanya pun lebih nikmat.

Meskipun hal ini terdengar tidak masuk akal, akan tetapi ada beberapa penjelasan yang mereka ungkapkan mengenai efek yang terjadi dari cara ini. Salah satunya adalah berhubungan dengan air liur sang peminum kopi.

Air liur mempengaruhi rasa dan aroma yang dapat dirasa oleh peminum saat meminum minuman ini. Seperti yang kita tahu, aroma atau bau makanan atau minuman sangat berhubungan dengan rasa yang kita rasakan karena aroma juga dapat ditangkap dan divisualisasikan oleh otak kita.

Kopi sendiri adalah minuman yang mempunyai aroma yang khas dan aroma ini berhubungan langsung dengan rasa yang tercipta. Dengan meminumnya dengan cara satu tegukan besar, maka lidah dan otak kita akan mengalami satu rangsangan kuat terhadap indra perasa, yang mengakibatkan adanya perasaan dan kenikmatan yang berbeda dan lebih, daripada saat kita meminum kopi dengan cara meminumnya sedikit demi sedikit. Akan tetapi, aroma dan rasa ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal lain, salah satunya adalah cara menyeduh kopi. Seperti yang kita tahu, ada banyak cara menyeduh kopi yang dapat kita gunakan. Dan, tiap cara menyeduh kopi ini dapat menciptakan aroma yang sangat berbeda satu sama lain, yang muncul dari minuman kopi yang telah dibuat.

Penelitian ini menggunakan empat jenis kopi. Kopi-kopi tersebut adalah kopi jenis American, Moka, Neapolitan dan Espresso.

Dari empat jenis kopi yang digunakan ini, jenis kopi Espresso ternyata adalah jenis yang mengeluarkan aroma paling kuat, saat diminum dengan menggunakan cara di atas, yaitu satu tegukan besar. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan cara umum yang banyak orang gunakan untuk menikmati minuman kopi jenis Espresso ini, yaitu meminumnya secara perlahan sembari menikmati tiap tegukannya.

Dan, memang, kopi Espresso didesain untuk dinikmati sedemikian rupa. Meskipun penelitian ini mengungkapkan bahwa satu tegukan besar dapat meningkatkan kenikmatan rasa dan aroma kopi, bukan berarti kita harus selalu menggunakan cara ini untuk menikmati kopi, bukan?

Mungkin perlu juga diperhatikan penelitian lain yang mengungkapkan bahwa kandungan zat kimia di dalam tembakau dapat merusak indera perasa kita. Hal ini pula yang menyebabkan perokok tidak dapat merasakan sensasi minuman kopi mereka bahkan rasa kopi yang nikmat rusak akibat zat kimia yang dimiliki rokok ini.