golongan-darah
Jenis-jenis golongan darah. (Image: InvictaHOG via Wikimedia Commons)

Golongan Darah Berkaitan Dengan Risiko Kambuh Kanker Prostat

Diposting pada

Bhataramedia.com – Kabar mengejutkan muncul dari Bob Wilson, mantan kiper legendaris Arsenal tersebut kini didiagnonis mengidap kanker prostat. Dilansir dari Dailymail.co.uk (13/4/2014), pria berusia 72 tahun ini sedang menjalani perawatan terhadap penyakitnya dan percaya diri bahwa ia pasti akan kembali ke hadapan publik secepatnya.

Wilson yang juga pernah menjadi presenter BBC dan ITV sangat percaya diri bahwa proses perawatannya akan berjalan sukses.

Penyakit kanker mungkin sudah tak asing bagi keluarganya. Anak perempuannya, Anna, meninggal pada tahun 1998 akibat penyakit kanker yang langka. Sementara itu, mantan istrinya telah meninggal tahun 2010 akibat keracunan makanan.

Kanker prostat merupakan penyakit yang sering ditemui di Inggris, dan jumlahnya cenderung terus meningkat. Setiap tahun, ada lebih dari 40 ribu pria di Inggris yang terserang kanker prostat. Dari delapan pria di Inggris, satu orang punya kemungkinan mengidap penyakit ini.

Penyakit ini sering menyerang pria berusia 15 hingga 45 tahun. Pada rentang usia tersebut, kebanyakan pria tidak menyadari risiko dari penyakit tersebut. Hal tersebut terjadi akibat minimnya informasi mengenai gejala dan perawatan. Selain itu, banyak juga pria yang merasa enggan untuk mengecek kondisi kesehatan mereka meskipun sudah muncul beberapa gejala seperti benjolan.

Padahal, penyakit ini punya peluang kesembuhan cukup tinggi sebesar 98 persen. Tentunya, peluang tersebut harus didasarkan pada diagnosis yang lebih awal, sehingga memungkinkan perawatan intensif. Penundaan diagnosis dan perawatan dapat berakibat buruk seperti menyebarnya kanker ke bagian tubuh lain.

Sementara itu, Independent.ie mempublikasikan artikel mengenai risiko kanker prostat berdasarkan golongan darah. Hasil dari penelitian ini cukup unik dan tergolong baru di dalam dunia kesehatan. Individu dengan Golongan darah A terbukti memiliki risiko tinggi kambuhnya kanker prostat setelah menjalani operasi yang sukses. Sementara itu, pria dengan golongan darah O cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk kambuh setelah perawatan.

Dr. Yoshio Ohno, dari Tokyo Medical University mengungkapkan bahwa penelitian ini merupakan yang pertama kalinya mengumumkan kepada publik bahwa kanker prostat dapat kambuh akibat perbedaan golongan darah. Namun, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Meskipun demikian, hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai pedoman untuk penelitian mokuler yang terkait dengan perkembangan kanker prostat.

Penelitian ini melibatkan 555 pasien kanker prostat yang diamati antara tahun 2004 dan 2010 dan hasilnya diumumkan saat kongres tahunan Asosiasi Urologi Eropa di Stockholm pekan lalu,.

Golongan darah seseorang ditentukan oleh adanya antigen dan antibodi yang berbeda. Antigen dan antibodi berfungsi sebagai pertahanan darah terhadap zat-zat asing.

Golongan darah O ternyata sangat umum dijumpai di Inggris. Sebelumnya, golongan darah yang berbeda telah dikaitkan dengan risiko kanker tertentu seperti kanker lambung dan pankreas.

Sementara itu, perkembangan nasib Wilson diharapkan dapat mencapai hasil yang terbaik. Hal ini diungkapkan oleh seorang juru bicara Kanker Prostat Inggris. Wilson dikenal sebagai seorang tokoh kunci dalam dunia sepakbola. Ia bekerja tak pernah lelah untuk Wilson Foundation yang didirikannya untuk mengenang mendiang putrinya. Sebagai seorang pesepakbola, ia mengawali karirnya di umur 21 tahun. Awalnya, ia bekerja sebagai seorang guru setelah ayahnya menganggap bahwa karir dalam sepakbola bukan pekerjaan yang menjanjikan. Di tahun 1963, ia bergabung dengan Arsenal dan tampil dalam 234 kali pertandingan di era 1960 dan 1970.