Categories: Health

Riboflavin (Vitamin B2) Redakan Migrain (Sakit Kepala Sebelah)

Bhataramedia.com – Sakit kepala sebelah (migrain) merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Segala macam aktivitas tidak dapat dilakukan ketika sakit kepala ini sudah menyerang. Hal yang dapat kita lakukan hanyalah beristirahat dengan berbaring.

Sakit kepala terdiri dari 2 tipe yaitu tipe ketegangan dan migrain. Namun, kebanyakan ahli medis meresepkan obat sakit kepala tanpa mengetahui penyebab sebenarnya dari sakit kepala dan tanpa memperhatikan jenis sakit kepala yang diderita pasien.

Sakit kepala satu ini terbilang masih tergolong ringan namun akan menjadi fatal ketika tidak segera ditangani. Sakit kepala migrain terjadi ketika pembuluh darah dari kepala dan leher mengalami penyempitan atau penegangan sehingga mengakibatkan penurunan aliran darah ke pembuluh tersebut.

Gejala migrain secara umum sangat mudah untuk dikenali yaitu, kepala sebelah yang berdenyut-denyut. Terkadang efek lain dari migrain adalah rasa ingin muntah dan sensitif terhadap gelombang cahaya serta gelombang suara.

Hubungan Migrain dan Riboflavin

Riboflavin (juga dikenal sebagai vitamin B2) dibentuk oleh 2 enzim yaitu, flavin adenin dinukleotida dan flavin mononukleotida. Penelitian membuktikan bahwa kekurangan 2 enzim tersebut merupakan penyebab utama migrain. Kedua enzim ini digunakan oleh mitokondria untuk siklus transport elektron. Ketika persediaan kedua enzim ini berkurang maka mitokondria akan kekurangan aktivitasnya dan menimbulkan gejala migrain.

Studi Buktikan Terapi Riboflavin Dapat Mengobati Migrain

Seperti dilansir Wake Up World (11/4/2014), penelitian mengenai migrain juga telah dilakukan pada tahun 1998 dan menunjukkan hasil yang positif. Subyek penelitian ini terdiri dari 54 pria dan wanita yang menderita sakit kepala migrain. Metodologi penelitian dilakukan dengan meminta setiap orang untuk mengkonsumsi riboflavin sebanyak 400 mg untuk setiap hari selama tiga bulan secara berturut-turut.

Related Post

Hasil studi menunjukkan bahwa frekuensi serangan migrain semakin berkurang bersamaan dengan bertambahnya jumlah hari. Pengobatan ini menunjukkan hasil yang paling baik pada bulan ketiga.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah riboflavin dapat digunakan sebagai salah satu obat untuk profilaksis (mencegah atau melindungi) dari migrain karena tingkat kemanjurannya yang tinggi, memiliki toleransi yang baik terhadap tubuh, dan harganya murah.

Studi lainnya pada tahun 2004 yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology juga meneliti frekuensi, durasi, dan intensitas penggunaan “dosis tinggi” riboflavin pada penderita migrain berusia 20-65 tahun. Dosis yang digunakan adalah 400 mg untuk jangka waktu tiga bulan. Hasilnya terbukti mirip dengan studi tahun 1998 yaitu terjadi penurunan frekuensi sakit kepala.

Temuan ini sejalan dengan studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa riboflavin adalah alternatif profilaksis migrain yang aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh.

Stres, Migrain, dan Riboflavin

Salah satu pemicu utama dari migrain adalah stres emosional. Selama periode stes, tubuh kita mengalami penegangan, sehingga terjadi pengurangan aliran darah dan oksigen dikirim ke semua area tubuh, termasuk otak. Stres juga dapat menguras nutrisi penting di tubuh, terutama vitamin B, dan bahwa ketika orang mengalami stres emosional kronis, mereka juga akan merasa lelah.

Hal ini tentu dapat menawarkan penjelasan lain dimana gejala awal kekurangan riboflavin dapat mengakibatkan sakit kepala migrain, termasuk migrain okular. Konsumsi obat-obatan yang dapat mengurangi riboflavin di tubuh justru tidak akah efektif untuk mengobati migrain.

Dengan hasil penelitian yang telah ada maka sebaiknya obat yang diberikan untuk penderita sakit kepala migrain seharusnya mengandung riboflavin atau juga dapat diberikan vitamin B2 (Riboflavin) secara langsung.

Fuad Gandhi Rizal

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago