5 Manfaat Utama Magnesium Bagi Kesehatan

magnesium

Bhataramedia.com – Magnesium merupakan mineral penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Magnesium diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia di dalam tubuh. Beberapa manfaat kesehatan dari magnesium meliputi transmisi impuls saraf, pengaturan suhu tubuh, detoksifikasi, produksi energi dan pembentukan tulang dan gigi.

Spesialis kesehatan selalu menekankan pentingnya memasukkan jumlah vitamin dan mineral yang cukup ke dalam makanan Anda sehari-hari. Zinc, kalsium dan magnesium merupakan tiga mineral yang paling penting untuk kesehatan. Magnesium membantu penyerapan kalsium oleh tubuh, sedangkan seng (Zinc) secara aktif mendukung sistem kekebalan tubuh.

Wanita dari segala usia akan mendapatkan manfaat yang sangat besar dari asupan magnesium. Selain menjauhkan osteoporosis, magnesium juga membantu di dalam gejala-gejala menopause dan sindrom pramenstruasi (PMS). Magnesium juga dapat meminimalkan risiko persalinan prematur.

Manfaat kesehatan penting lainnya dari magnesium meliputi sintesis protein, meredakan bronkospasme (pengerutan saluran udara) di dalam paru-paru dan peningkatan fungsi paratiroid. Magnesium meningkatkan ketersediaan biologis vitamin B6 dan kolesterol, meningkatkan fungsi otot, mencegah osteoporosis, insomnia, sembelit, serangan jantung, hipertensi, batu ginjal dan batu empedu.

Sumber makanan yang sarat akan magnesium termasuk kacang pohon (terutama almond), biji-bijian, gandum, ikan dan sayuran hijau. Seperti kebanyakan nutrisi, kebutuhan magnesium sehari-hari magnesium tidak dapat dipenuhi dari makanan saja, sehingga konsumsi suplemen magnesium juga dianjurkan.

Lima manfaat kesehatan utama dari magnesium adalah :

1. Magnesium dapat Membalikkan Osteoporosis

Beberapa studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kalsium yang dilengkapi dengan magnesium meningkatkan kepadatan mineral tulang. Kekurangan magnesium mengubah metabolisme kalsium dan hormon yang mengatur kalsium, sehingga osteoporosis dapat terjadi. Kadar asupan magnesium yang telah direkomendasikan sangatlah penting karena dapat membalikkan proses osteoporosis.

2. Magnesium Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Salah satu manfaat paling penting dari magnesium adalah keterkaitannya terhadap penurunan risiko penyakit jantung koroner. Survei yang dilakukan terhadap pola makan telah menyarankan bahwa asupan magnesium yang cukup dapat mengurangi kemungkinan terkena stroke. Kekurangan magnesium meningkatkan risiko irama jantung yang abnormal. Apabila hal ini terjadi maka akan meningkatkan risiko komplikasi setelah serangan jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen diet magnesium dengan jumlah yang telah direkomendasikan kemungkinan dapat bermanfaat untuk kesehatan sistem kardiovaskular Anda.

3. Magnesium Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Magnesium memainkan peran penting di dalam mengatur tekanan darah secara alami. Suplemen magnesium dan diet mencakup banyak buah-buahan dan sayuran yang merupakan sumber kalium dan magnesium yang baik, secara konsisten terkait dengan penurunan tekanan darah.

4. Magnesium Mengatasi Diabetes

Beberapa studi menunjukkan bahwa individu dengan defisiensi magnesium memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 dan retinopati diabetik parah. Magnesium membantu di dalam metabolisme karbohidrat dan mempengaruhi pelepasan dan aktivitas insulin, dengan demikian magnesium dapat mengendalikan kadar glukosa darah. Telah terbukti bahwa untuk setiap 100 miligram peningkatan asupan harian magnesium, ada penurunan 15 persen di dalam risiko mengembangkan diabetes tipe 2.

5. Magnesium Mengatasi Migrain, Insomnia dan Depresi

Berbagai manfaat kesehatan magnesium juga mencakup pengobatan terhadap migrain, insomnia dan gejala depresi. Magnesium juga dikenal untuk menyembuhkan bentuk parah dari disfungsi kejiwaan, seperti serangan panik, stres, kecemasan dan agitasi yang tidak semestinya. Suplemen Magnesium sangat mengurangi keparahan serangan tersebut dan juga dapat membantu mengurangi tingkat kekambuhan.

You May Also Like