Pakaian yang Dapat Memantau dan Mengirimkan Informasi Biomedis

kain pendeteksi informasi biomedis

Bhataramedia.com – Para peneliti di Université Laval’s Faculty of Science and Engineering dan Centre for Optics, Photonics and Lasers telah mengembangkan “kain pintar” yang dapat memantau dan mengirimkan informasi biomedis dari pemakai melalui jaringan nirkabel atau selular. Terobosan teknologi ini, dijelaskan di dalam artikel yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal Sensors

Penemuan ini memberikan jalan sejumlah perkembangan baru bagi orang-orang yang menderita penyakit kronis, orang tua yang tinggal sendirian, bahkan petugas pemadam kebakaran dan polisi.

Tim peneliti di bawah pengawasan Profesor Younes Messaddeq menciptakan kain pintar yang dilapisi dengan beberapa lapisan tembaga, polimer, kaca dan perak.

“Kain ini bertindak baik sebagai sensor dan antena. Kain ini tahan lama tapi lunak dan dapat ditenun dengan wol atau katun. Kualitas sinyal yang dihasilkan sebanding dengan antena komersial,” jelas Profesor Messaddeq, Kanada Excellence Research Chair di dalam Inovasi Foton.

Permukaan serat juga dapat disesuaikan untuk memantau berbagai informasi seperti tingkat glukosa, irama jantung, aktivitas otak, gerakan dan koordinat spasial.

Aplikasi paten telah diajukan, meskipun unsur-unsur tertentu masih perlu disesuaikan sebelum inovasi ini siap untuk dikomersialisasi.

“Tentu saja, teknologi ini akan harus terhubung ke jaringan nirkabel dan ada masalah pasokan listrik yang harus diselesaikan,” kata Profesor Messaddeq.

Kami telah menguji sejumlah solusi dan hasilnya menjanjikan. Kami juga harus memastikan kain ini kuat dan dapat bertahan dari bahan kimia yang ditemukan di dalam deterjen,” lanjut dia, seperti dilansir Université Laval (03/12/2014).

You May Also Like