Contoh Aplikasi Teknologi VR dan AR

Contoh Aplikasi Teknologi VR dan AR

Bhataramedia.comContoh Aplikasi Teknologi VR dan AR. Teknologi canggih yang bermunculan saat ini memang memiliki fungsi serta fitur yang dapat membantu kita dalam keseharian. Sehingga kita patut belajar dan lebih memahami dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Seperti teknologi VR atau Virtual Reality dan AR atau Augmented Reality yang kini memiliki peranan dalam berbagai bidang. Berikut penjelasanya.

Contoh Aplikasi Teknologi VR

Pada umumnya yang kita tahu teknologi VR identik dengan gaming. Padahal teknologi ini juga bisa digunakan dalam berbagai bidang lainnya selain gaming. Teknologi yang mampu menstimulasikan lingkungan secara virtual ini dapat membuat penggunanya seolah melihat dan mendengar apapun pada lingkungan buatan tersebut. Dan berikut adalah beberapa contoh dari penggunaan teknologi VR yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari – hari:

Youtube

Contoh teknologi VR

untuk kamu yang sering menggunakan youtube, apakah sudah tahu jika baru – baru ini ada fitur “Tonton di VR” yang tersedia pada aplikasi ini? Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk menonton dengan tampilan VR, sehingga kamu bisa melihat dalam layar penuh seolah kamu melihat langsung seperti menonton film 3D.

Cooking Mama

Aplikasi game memasak ini juga menggunakan teknologi VR, karena kamu dapat belajar memasak dengan menggunakan simulasi yang cukup realistis dan tentunya tanpa memerlukan bahan masakan asli. Bahkan resep – resep yang tersedia pada game ini berdasarkan resep aslinya sehingga kamu juga bisa mencoba langsung untuk mempraktekkannya pada dunia nyata.

Trailer

Satu lagi contoh penggunaan teknologi VR pada kehidupan sehari – hari yaitu “trailer” yang menyajikan simulasi beserta atmosfer pada objek wisata yang mungkin dan akan kamu kunjungi.

Contoh Aplikasi Teknologi AR

Jika dulu kamu merupakan pemain game Pokemon GO, berarti kamu pernah sudah pernah merasakan teknologi AR. Teknologi yang mana memanfaatkan lingkungan nyata untuk memasukkan objek maya dalam bentuk 2D. Sama seperti teknologi VR, selain dapat digunakan untuk bermain game, teknologi ini juga bermanfaat dalam bidang lainnya seperti berikut ini:

Pendidikan

Saat ini sudah banyak sekolah yang menggunakan teknologi AR dalam media pembelajaran. Contohnya saja dalam visualisasi suatu bakteri, virus, anatomi dan lainnya yang dengan teknologi AR, para pelajar lebih mudah memahami dengan bentuk yang lebih nyata.

Fashion

Ini biasanya bertujuan untuk mencoba produk sebelum melakukan transaksi. Dengan teknologi ini, calon pelanggan bisa lebih mudah mencoba dan melihat sosok mereka dengan produk tersebut, sehingga mereka tidak perlu lagi mencobanya secara manual.

Bisnis

Teknologi ini paling sering digunakan pada dunia bisnis seperti saat mempromosikan suatu produk. Tentunya ini bertujuan menarik lebih banyak pelanggan dengan kemudahan mereka melihat secara virtual akan produk yang kemungkinan mereka beli nantinya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Contoh Aplikasi Teknologi VR dan AR dalam kehidupan sehari – hari yang bisa kamu manfaatkan. Semoga bermanfaat dan kita bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan teknologi canggih saat ini.

You May Also Like