Apa itu Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)?

Apa itu Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)

Bhataramedia.comApa itu Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)?. Seiring dengan bergantinya waktu, teknologi saat ini juga semakin berkembang dengan begitu pesatnya. Jika dulunya menggunakan handphone biasa untuk bertukar kabar dengan kerabat dan saudara. Sekarang sudah tersedia smarhphone yang mengambil alih fungsi handphone karena selain bisa sebagai alat untuk bertukar kabar. Smartphone juga bisa untuk melakukan hal lainnya seperti menonton, mencari teman baru hingga bermain game.

Berbicara mengenai bermain game, kita dulunya bermain playstation ataupun Nintendo dengan memanfaatkan layar ataupun televisi yang menampilkan karakter game kita. Kini, dengan menggunakan teknologi canggih, kamu bisa bermain game dengan sensasi yang berbeda. Seperti yang sedang banyak diperbincangkan saat ini, yaitu menggunakan teknologi VR atau Virtual Reality dan AR atau Augmented Reality. Terus apa sebenarnya teknologi VR dan AR itu? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Teknologi VR (Virtual Reality)

Virtual Reality (VR) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk bisa berinteraksi dengan lingkungan dalam bentuk 3D dan hampir menyerupai dunia nyata atau hanya sebatas imajinasi yang disimulasikan komputer. Banyak orang yang bermain game dengan teknologi ini untuk merasakan dunia ilusi karena lingkungan yang dihasilkan teknologi ini benar – benar berbeda dan terpisah dari dunia fisik atau nyata.

Pengertian Teknologi AR (Augmented Reality)

Jika teknologi Virtual Reality dibuat dengan tampilan lingkungan yang menggantikan dan berbeda dengan dunia nyata. Teknologi AR masih menggunakan dunia nyata dan hanya menambahkan lapisan informasi digital atau menggabungkan benda maya 2D ataupun 3D kedalamnya. Jadi bisa dikatakan bahwa teknologi Augmented Reality (AR) adalah sebuah tenologi yang memperluas dunia fisik atau nyata yang dengan penambahan lapisan informasi digital kedalamnya, sehingga lingkungan yang dihasilkan tidak sepenuhnya merupakan buatan ataupun virtual. Contohnya seperti game Pokemon Go yang dulu sempat booming.

Kesimpulan

Kedua teknologi ini sebenarnya dapat diaplikasikan untuk hal lain selain bermain game saja, karena teknologi canggih ini berguna untuk media belajar serta hiburan tanpa memakan biaya yang tinggi. Bahkan saat ini sudah tersedia alat Virtual Reality yang berbentuk kacamata yang bisa kamu coba dimana dan kapan saja dengan harga terjangkau.

You May Also Like