Cara Menulis Dokumen Tanpa Harus Mengetik

google docs

Peda kesempatan kali ini woiden akan membahas tentang bagaimana Cara Menulis Dokumen Tanpa Harus Mengetik. Untuk keterangan lebih lanjut simak pembahasan dibawah ini.

Untuk sebagian orang yang memiliki tugas ketik-mengetik contohnya pelajar, penulis ataupun pekerja kantoran dengan tugas surat menyurat bahkan memo penting lainnya. Pastilah sering mengalami typo atau salah dalam pengetikan. Bahkan beberapa diantaranya mengalami penat hingga keram jari saat harus mengetik dan menyusun banyaknya kata.

Namun ternyata saat ini sudah ada caranya agar kita bisa mempersingkat waktu dan mempermudah dalam menulis dokumen tanpa menyentuh keyboard. Google Docs misalnya, salah satu  fitur dari Google yang bisa dinikmati baik untuk kalangan penulis yang menginginkan kemudahan dalam mengolah kata atau sekedar menumpahkan catatan biasa.

Google docs sendiri telah diluncurkan pada 10 Oktober 2006, yang menawarkan layanan dalam pengolahan kata, formulir, presentasi dan lainnya. Serta menjadi aplikasi pada android, web bahkan desktop di Google Chrome. Yang memiliki kemampuan mendengarkan dan menyusun kata-kata sehingga kita hanya cukup menerima hasilnya yang berbentuk tulisan.

Cara Menulis Dokumen Tanpa Mengetik

Di dalam Google docs terdapat menu Voice Typing yang berfungsi untuk merekam suara kita sehingga menyulapnya menjadi teks atau tulisan bahkan juga bisa merubah bahasa sesuai dengan yang kita inginkan.Berikut cara mengaktifkannya:

  • Kamu hanya cukup membuka laman Google Docs di browser Google Chrome
  • Pilih yang kamu mau, atau jika kamu ingin membuat dokumen baru kamu tinggal pilih “Blank”

google docs

  • Klik “tools” lanjutkan dengan klik “voice typing”.

menulis tanpa mengetik menggunakan google docs

  • Kamu bisa memilih bahasa sesuai mau kamu seperti di bawah ini

cara membuat dokumen tanpa harus mengetik

  • Selesai, kamu bisa menulis tanpa mengetik dengan klik gambar microphone dan mulai berbicara. Seperti gambar dibawah ini :

Menulis dokumen menggunakan google docs

Sedikit bocoran, selain voice typing  google docs juga memiliki kelebihan yang diantaranya: bisa menghindari risiko kehilangan data, bisa untuk mengconvert file ke PDF atau mengubah PDF ke Word, bisa digunakan sebagai pemeriksa ejaan sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan kata-kata yang menurut kamu tidak sesuai dengan EYD, dan kamu juga bisa mengatur akses terhadap file kamu.

Demikianlah Cara Menulis Dokumen Tanpa Harus Mengetik sehingga kamu hanya perlu merekam suara untuk mengubahnya menjadi tulisan. Semoga bermanfaat ya.

 

You May Also Like