Cara Masuk Ke Recovery Mode iPhone

Diposting pada

Recovery Mode biasanya dilakukan ketika seseorang ingin melakukan perbaikan atau software ulang pada iPhone mereka ketika mengalami masalah atau error. Umumnya langkah ini lakukan ketika iPhone benar-benar mengalami bootloop karena masalah software atau error yang tidak memungkinkan lagi perangkat dapat diakses ke layar utama atau home screen.

Hampir serupa pada perangkat Android lainnya, iPhone juga memiliki metode yang memungkinkan penggunanya atau tenaga ahli dapat masuk ke mode recovery/pemulihan perangkat. Namun caranya mungkin agak berbeda dari apa yang dilakukan pada perangkat Android. Terlebih setelah Apple merilis beberapa perangkat baru, kini terdapat beberapa cara atau langkah berbeda setiap perangkat iPhone. Seperti pada perangkat iPhone X dan 8, iPhone 7, dan iPhone 6s sebelumnya.

Sebelum Anda melangkah ke penerapan dibawah, sekiranya Anda telah menginstall aplikasi iTunes di komputer PC Anda. iTunes sendiri bisa Anda unduh dari situs resmi apple (https://www.apple.com/id/itunes/download/). Selebihnya mengenai langkah penerapannya, bias Anda lihat pada poin-poin dibawah ini:

Cara Masuk Ke Recovery Mode iPhone X dan iPhone 8/ 8 Plus

iPhone terbaru Apple yang kini di tahun 2018 menjadi salah satu perangkat yang banyak digemari penggemar gadget, memiliki penerapan berbeda dari perangkat keluaran sebelumnya, dimana seperti yang diuraikan pada langkah dibawah ini:

  1. Hubungkan iPhone Anda ke Komputer yang telah terinstall iTunes dan Jalankan aplikasi iTunes.
  2. Tekan tombol “Volume Atas” kemudian lepaskan
  3. Tekan tombol “Volume Bawah” kemudian lepaskan.
  4. Setelah itu, Tekan dan tahan tombol “Side/Power” hingga layar iPhone menjadi tampilan iTunes seperti gambar thumbnails Artikel ini.

Cara Masuk Ke Recovery Mode iPhone 7/ 7 Plus

  1. Hubungkan iPhone Anda ke Komputer yang telah terinstall iTunes dan Jalankan aplikasi iTunes.
  2. Tekan dan Tahan tombol “Side/Power” + “Volume Bawah” secara bersamaan hingga layar menampilkan logo iTunes seperti gambar thumbnails artikel ini.
  3. Setelah berada dilayar itu, lepaskan tombol dan pada tahap ini Anda sudah berada di Mode Recovery.

Cara Masuk Ke Recovery Mode iPhone 6s dan Sebelumnya

  1. Hubungkan iPhone Anda ke Komputer yang telah terinstall iTunes dan Jalankan aplikasi iTunes.
  2. Tekan dan Tahan tombol “Home” + “Kunci” hingga Anda melihat layar seperti gambar thumbnails artikel ini.
  3. Lepaskan tombol, dan pada tahap ini Anda sudah berada di mode recovery.

Nah setelah Anda berada di recovery mode, Anda hanya memiliki setidaknya kurang lebih 15 menit untuk mulai melakukan flashing atau instalasi ulang software iOS. Sebab layar iPhone Anda akan kembali seperti semula, jika Anda tidak melakukan apapun setelah 15 menit berada di mode recovery. Apabila ini terjadi, Anda harus mengulangi langkah yang sama untuk masuk kembali ke mode recovery.