Cara Menghapus Kontak Nomor Telepon Ganda di iPhone

Diposting pada

Semakin lama Anda menggunakan perangkat smartphone Anda, maka kemungkinan akan semakin banyak kontak nomor telepon yang telah Anda catat atau masukan ke daftar kontak smartphone Anda. Bahkan Anda mungkin memiliki ratusan kontak yang tersimpa di smartphone Anda.

Hal ini tentu membantu Anda untuk melihat dan mengetahui nomor yang menghubungi atau seseorang yang ingin Anda hubungi dimasa yang akan datang. Namun jika seseorang yang memiliki kontak nomor yang cukup banyak seringkali mereka lupa bahwa telah memasukan kontak yang sama sebelumnya. Sehingga ini membuat nomor kontak itu menjadi duplikat. Bahkan anehnya jika itu bisa terjadi hingga 3 kontak atau lebih yang sama tersimpan di smartphone Anda.

Nah untungnya, pada smartphone yang notabene lebih canggih. Itu Anda bisa mendeteksi atau mencari nomor telepon yang mungkin tersimpan lebih dari satu di perangkat smartphone Anda. Terkhusus pada perangkat iPhone dengan operating system iOS. Rincian langkahnya dijelaskan sebagai berikut ini:

Cara Menghapus Kontak Duplikat di iPhone Menggunakan Aplikasi

Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di App Store. Ada banyak sekali aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mendeteksi dengan mudah nomor yang tersimpan secara ganda di perangkat Anda. Salah satu aplikasinya adalah Cleaner. Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui tautan App Store berikut ini:

  • https://woiden.com/go/EIbFt2

Aplikasi ini tidak hanya mudah untuk digunakan, namun juga memberikan beberapa fungsi berguna seperti menghapus kontak lama, menggabungkan beberapa nomor telepon yang tersimpan hanya dengan satu kali klik tombol, dan beberapa fungsi lainnya. Berikut adalah langkah menggunakan aplikasi ini:

  1. Terlebih dahulu, Anda harus menginstall aplikasi ini melalui tautan yang disediakan diatas.
  2. Buka aplikasinya, dan ketuk pilihan “Duplicate Contacts”. Dari sini Anda akan melihat semua nama beserta nomor telepon yang tersimpan secara ganda di iPhone Anda. Anda bahkan dapat melihat email atau nama yang ganda sekalipun.
  3. Dibawah bagian “Merged Contact (Preview)” Anda akan melihat semua nama beserta informasi kontak yang dideteksi ganda.

Anda dapat melakukan tindakan dengan mengetuk tombol “Merge” berwarna orange untuk menggabungkan kontak satu persatu. Namun jika Anda ingin menggabungkan semua kontak yang dicantumkan di layar sekaligus. Maka Anda cukup mengetuk tombol “Merge All Duplicates” yang berwarna abu-abu.

Hebatnya aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membersihkan kontak yang tidak memiliki informasi lengkap. Misalnya kontak yang tidak ada nomor atau sebaliknya ada nama namun tidak ada nomor telepon. Sehingga ini bisa memudahkan Anda merapihkan kontak Anda jauh lebih mudah dibanding melakukannya manual.

Cara Menghapus Kontak Duplikat di iPhone Melalui iCloud

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi apapun untuk mendeteksi kontak yang ganda di iPhone. Maka Anda bisa menggunakan fitur bawaan iCloud secara manual tanpa harus menginstall aplikasi. Namun sebelum Anda melakukan ini, Anda harus mencadangkan (Backup) semua kontak Anda terlebih dahulu di iCloud. Caranya seperti berikut:

  1. Masuk ke akun iCloud (https://www.icloud.com/) Anda melalui web browser.
  2. Klik ikon Contact.
  3. Klik “Settings” kemudian pilih “Select All”.

Setelah Anda memilih semua kontak, ketuk menu “Settings” sekali lagi dan Anda akan membuka jendela “Export vCard” untuk menyimpan cadangan kontak Anda dalam format file VCF.

Nah setelah, itu Anda bisa menghapus beberapa kontak Anda yang duplikat atau ganda dari jendela ini dengan menekan tombol “Delete”. Untuk mengubah informasi berupa nomor telepon, nama, dan lainnya. Anda cukup klik tombol “Edit”. Bahkan Anda dapat menambahkan kontak baru.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghapus kontak yang duplikat atau ganda di iPhone dengan mudah dan cepat. Jika Anda merasa ada kesulitan saat melakukan penerapan ini. Jangan sungkan untuk menanyakan kami melalui kolom komentar yang tersedia.