Cara Menggunakan Adobe Premiere di Android dan iOS

Diposting pada

Sebagian besar editor video kemungkinan besar akan mengenal salah satu software editing bernama Adobe Premiere. Software ini merupakan salah satu software edit video terbaik yang banyak digunakan oleh professional editor untuk keperluan tv maupun konten berupa video. Software ini bersanding dengan sony vegas yang juga memiliki banyak pengguna profesi diluar sana.

Umumnya software ini digunakan pada perangkat desktop atau komputer. Mengingat ukuranya yang tidak terbilang ringan untuk sebuah perangkat spesifikasi rendah. Namun kerennya, software ciptaan Adobe ini akhirnya juga dirilis untuk penggunaan di perangkat Mobile. Aplikasi ini disebut dengan Adobe Premiere Clip dan dapat Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store ini:

Android: https://woiden.com/go/bp2F7c

iOS/iPhone: https://woiden.com/go/Bhgymf

Mengenai bagaimana cara menggunakannya, woiden akan menjelaskan lebih rinci pada setiap poinnya melalui langkah berikut ini

Cara Membuka File Baru di Adobe Premiere Clip

Saat Anda pertama kali menjalankan aplikasi ini, Anda akan dihadapkan pada layar kosong. Sehingga langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambahkan file video yang ingin Anda edit. Caranya cukup tekan tombol tanda tambah (+) di pojok kanan bawah layar.

Kemudian memilih video yang tersimpan di gallery smartphone Anda. Anda bahkan dapat memilih lebih dari 1 item sekaligus untuk Anda satukan nantinya. Setelah selesai, Anda cukup memilih tombol “Done” untuk mulai memindahkan file itu ke jendela editing.

Cara Mengedit Video di Adobe Premiere Clip

Setelah beberapa file video telah Anda masukan ke jendela editing. Anda selanjutnya dapat memilih type editing yang Anda inginkan. Caranya cukup memilih ikon “Clapperboard” dari menu ikon sebelah ikon “Share” seperti gambar dibawah ini:

Anda dapat melakukan beberapa fungsi editing dari jendela ini dengan menekan tombol “More Customization” yang berada di atas layar. Anda bahkan dapat menyatukan beberapa video sekaligus secara berurutan dengan memilih “Freeform” melalui jendela Customization atau ikon “Callperboard” dari menu atas.

Selain dari itu ada banyak hal yang bisa Anda lakukan misalnya seperti menambahkan audio, memotong durasi atau bagian video tertentu, mengubah scalling, menambahkan pewarnaan atau coloring, kan tulisan, menambadan beberapa fungsional lainnya yang sudah sangat memenuhi kebutuhan sederhana.

Cara Menyimpan Hasil Edit Video di Adobe Premiere Clip

Setelah Anda selesai melakukan editing, tentu Anda pastinya akan menyimpan atau render atau membuat file hasil jadi dari video Anda. Nah untuk tahap ini, Anda cukup menekan ikon “Full Screen (Arah panah atas bawah)” di pojok kanan atas.

Sebuah menu popup akan muncul dari bawah layar, Anda dapat membagikan langsung video Anda atuapun dengan menyimpannya ke Gallery smartphone Anda. Anda bahkan dapat menyimpan video dengan kualitas tinggi yaitu 720p (HD) dan 1080p (FHD).

Nah mungkin itu saja yang beberapa bisa disampaikan dalam artikel woiden mengenai cara mengedit video melalui smarpthone atau tablet android dan ios menggunakan aplikasi Adobe Premiere Clip secara gratis.