Cara Membuka File PSD Tanpa Adobe Photoshop

Diposting pada

PSD merupakan salah satu format file gambar yang menjadi bawaan file master dari Adobe Photoshop. Desainer grafis mana yang tidak mengenal Adobe Photoshop, aplikasi editing gambar yang paling populer dengan segudang fitur dan ekstensi tambahan di internet.

Anda mungkin telah menggunakan jasa editing foto atau pembuatan desain gambar yang dimana Anda diberikan sebuah file master dengan format PSD. Ini juga yang seringkali dialami oleh pengguna lainnya. Masalahnya adalah dimana tidak setiap orang memiliki Adobe Photoshop yang terinstall di komputer mereka.

Terlebih lagi untuk mengunduh program Photoshop, dibutuhkan sedikitnya 100 GB data internet untuk mengunduh hanya untuk format portablenya sedangkan untuk versi lengkapnya memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Untungnya selain program adobe photoshop, ada beberapa program yang memungkinkan Anda untuk membuka dan mengedit file PSD. Beberapa program itu adalah sebagai berikut:

GIMP

GIMP adalah program favorit woiden dan team untuk melakukan editing foto keperluan publish di situs ini. Hal yang hebat dari program ini adalah sifatnya yang portable dengan ukuran tidak sebesar adobe photoshop. Namun memiliki sebagian besar fungsi dan fitur yang tidak kalah baik dari Photoshop.

Program ini dapat diunduh secara gratis di beberapa perangkat desktop, termasuk windows, mac, dan linux. Sedangkan untuk langkah membuka filenya sebagai berikut:

  1. Buka File -> Open…
  2. Cari dan pilih file PSD.
  3. Klik Open.

GIMP merupakan software open source, sehingga hampir serupa dengan adobe photoshop, Anda bisa menginstall ekstensi tambahan untuk program ini yang dapat Anda unduh melalui internet.

Download Link: https://www.gimp.org/downloads/

Paint.NET

Banyak orang yang meggunakan Paint.NET karena aplikasi ini benar seperti tahu persis apa yang diinginkan oleh kebanyakan orang menggunakan foto editor. Program yang sangat sederhana namun masih lebih baik lebih baik dibanding Microsoft Paint.

Hebatnya lagi untuk software ini, dengan file yang ringan Anda dapat menginstall plugin tambahan untuk menambahkan fitur-fitur lebih dari fitur bawaan software ini. Sama seperti untuk membuka file PSD melalui program ini. Anda harus menginstall plugin PSD terlebih dahulu

  1. Unduh plugin PSD (http://psdplugin.codeplex.com/)
  2. Ekstrak isi file ZIP.
  3. Salin file PhotoShop.dll.
  4. Arahkan ke folder instalasi Paint.NET (biasanya berada di C:/Program Files/paint.net).
  5. Paste/Pindahkan file PhotoShop.dll ke dalam sub folder “FileTypes”.
  6. Buka program Paint.NET.

Dengan menginstal plugin, Anda harus dapat membuka file PSD tanpa masalah. Namun beberapa format tertentu mungkin tidak akan didukung.

Download Link: https://www.getpaint.net

Photopea Editor Online

Jika Anda belum pernah mendengar Photopea sebelumnya, Anda bukanlah orang satu-satunya. Aplikasi web ini memang kurang dikenal. Namun fungsi dasarnya seperti versi online Photoshop atau GIMP. Photopea tidak memiliki program yang harus diinstall Anda hanya perlu mengunjungi situsnya dan langsung mengedit melalui jendela web browser tersebut.

  1. Buka File- > Open.
  2. Cari dan pilih file PSD.
  3. Klik Open.

Aplikasi web ini memungkinkan Anda untuk mengedit file PSD tanpa biaya dan  di mana pun Anda berada.

Situs Web: https://www.photopea.com

XnView

XnView adalah organizer gambar freeware yang memungkinkan Anda menelusuri dan mengedit gambar Anda dengan berbagai cara, serta mengolahnya menggunakan fitur pengeditan gambar dasar seperti penambahan warna, filter, efek, rotasi, dll.

Hal hebat tentang aplikasi yang kurang dikenal ini adalah aplikasi ini dapat membaca lebih dari 500 format dan mengekspor ke lebih dari 70 format, jadi tidak hanya berguna untuk melihat gambar, tetapi juga mengubahnya atau mengkonversi.

  1. Buka File -> Open.
  2. Cari dan pilih file PSD.
  3. Klik Open.

Saat mengunduh, Anda dapat memilih di antara tiga jenis pengaturan: Minimal, Standard, dan Extended. Minimal membutuhkan ruang disk paling sedikit dan Anda hanya perlu membuka PSD. Tidak perlu add-on, plugin, atau semacamnya.

Download Link: http://www.xnview.com

IrfanView

IrfanView mirip dengan XnView karena penggunaan utamanya adalah sebagai penampil gambar dan konverter. Mungkin tidak mendukung banyak format seperti di XnView. Tetapi mendukung semua fitur yang penting, termasuk membuka file psd.

  1. Buka File -> Open…
  2. Cari dan pilih file PSD.
  3. Klik Open.

Bagian terbaiknya adalah sangat ringan dan cepat. Plus Anda dapat lebih meningkatkan fitur IrfanView dengan beberapa plugin yang bagus.

Download Link: http://www.irfanview.com/

 Google Drive

Tampaknya aneh untuk menggunakan Google Drive sebagai pembuka file. Tetapi Anda benar-benar dapat melakukannya dengan benar. Anda bahkan tidak perlu menginstallnya, Anda cukup membuka akun google drive anda melalui web browser atau seperti langkah berikut:

  1. Buka situs Google Drive (https://drive.google.com/drive/).
  2. Klik “My Drive” dan pilih “Upload file…”
  3. Cari dan pilih file PSD.
  4. Klik “Open” .
  5. Klik dua kali file untuk melihat.

Ada beberapa metode lain yang dapat Anda gunakan untuk mengunggah file gambar ke Google Drive. Tetapi ini yang paling mudah jika Anda hanya ingin melihat satu file tunggal saja.

Go2Convert

Opsi terakhir ini bukan cara untuk melihat, membuka, atau mengedit file PSD. Ini hanya cara untuk mengubah file PSD ke format lain seperti PNG dan JPG. Jika itu alasan Anda ingin membuka PSD di program andalan Anda sendiri, maka Anda mungkin lebih memilih ini.

  1. Akses situs Go2Convert (http://www.go2convert.com/)
  2. Klik “Select File”.
  3. Arahkan dan pilih file PSD Anda.
  4. Klik Open.
  5. Klik Upload Now.

Setelah proses upload selesai, anda bisa memilih beberapa format output yang Anda inginkan. Termasuk file PNG, Jpg, dan beberapa format lainnya.