Cara Mengatasi Android Cepat Panas dan Boros Baterai

Diposting pada

Setiap tahunnya produksi smartphone semakin dibuat canggih dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang fantastis. Namun sayangnya tidak banyak dari produsen smartphone yang mementingkan pengembang dan dampak dari sisi perangkat keras yang ternanam di balik mesin sebuah smartphone mereka.

Beberapa produsen smartphone merilis setiap tahunnya ponsel dengan spesifikasi tinggi dengan kapasitas baterai yang besar. Namun disisi lain hanya sedikit dari mereka yang benar-benar memerhatikan dampak dari pengembangan spesifikasi itu. Seperti halnya temperature smartphone yang semakin lebih mudah mengalami suhu tinggi atau cenderung lebih cepat menguras baterai. Ini biasanya disebut dengan overheating.

Semua smartphone berpotensi mengalami overheating saat digunakan diluar dari yang sewajarnya. Seperti penggunaan nonstop dalam jangka waktu lama, mengisi daya secara tidak sesuai, penggunaan display yang terlalu tinggi, suhu ruangan atau lingkungan, dan banyak lagi. Selain itu overheating juga bisa dipengaruhi oleh perangkat itu sendiri yang mudah mengalami masalah tersebut.

Cara Mencegah Android Cepat Panas dan Boros Baterai (OverHeating)

Jika masalah ini disebabkan oleh faktor internal dari smartphone, itu tentu sangat kecil kemungkinan Anda atasi. Namun untuk masalah eksternal seperti kesalahan penggunaan, penerapan setelan yang tidak sesui dan beberapa faktor eksternal lainnya itu masih ada kemungkinan untuk diatasi. Berikut adalah  beberapa cara yang mudah untuk mengatasi android cepat panas atau boros terhadap baterai.

Menggunakan Secara Nonstop Dalam Jangka Waktu Lama

Ini adalah dampak umum yang dialami ketika seseorang menggunakan smartphone mereka dalam waktu yang cukup lama secara nonstop. Ini biasanya saat seseorang bermain game atau menonton streaming hingga berjam-jam lamanya.

Mungkin untuk sesekali itu dapat diperbolehkan, namun untuk secara berkala. Maka besar kemungkinan akan menyebabkan masalah seperti pembengkakan atau kebocoran baterai, ic power drop, dan penurunan kinerja pada beberapa perangkat keras yang tertanam dalam smartphone.

Baterai Terlalu Panas

Faktor umum lainnya berasal dari baterai yang digunakan. Seringkali beberapa pengguna smartphone mimilih untuk menggunakan baterai non-original dan mempertaruhkan usia penggunaan smartphone mereka demi mendapatkan sparepart murah.

Sepenuhnya tidak salah, namun jika Anda benar-benar salah dalam memilih baterai itu bisa justru memberikan dampak ke sisi lainnya. Selain itu, melakukan pengecasan disaat perangkat sedang digunakan, itu juga akan lebih memperburuk usia baterai Anda.

Biasanya 2 atau hingga 3 tahun penggunan smartphone, baterai akan mengalami penurunan kinerja atau drop. Masalah ini biasanya akan berdampak pada indikator sisa baterai yang tidak stabil dan tentu akan memudahkan perangkat cepat mengalamai suhu tinggi. Jika Anda mengalami ini karena dampak dari baterai, maka coba lakukan kalibrasi baterai seperti yang diuraikan pada artikel woiden berikut ini:

Selain itu, cobalah sesekali melihat temperature batera Anda saat mengalami overheating. Caranya dengan melakukan panggilan dial ke no berikut:

  • *#0228#
  • *#*#4636#*#*

Suhu normal untuk sebuah perangkat smartphone atau tablet, itu berkisar antara 25°C – 40°C, diatas itu. Anda perlu mengistirahatkan sejenak perangkat Anda agar tidak berdampak pada kerusakan internal.

Menggunakan Smartphone Saat Pengecasan

Sama seperti yang dijelaskan pada poin kedua diatas. Suhu tinggi yang mudah dialami oleh smartphone Android itu bisa juga disebabkan oleh penggunaan smartphone saat diwaktu yang sama Anda melakukan charging, pengecasan atau pengisian daya baterai.

Ini tidak hanya berlaku pada android, namun juga pada sistem operasi dan berbagai perangkat gadget dengan merek lainnya.

Menggunakan Case Tambahan

Hampir semua smartphone memiliki case tambahan yang dapat dibeli ditoko atau gerai ponsel. Entah itu Softcase atua Hardcase, penambahan casing pada body smartphone itu memang bisa menambah tampilan smartphone menjadi lebih keren atau juga proteksi ketika hal-hal tidak diinginkan seperti terjatuh dialami.

Namun sayangnya, beberapa case dibuat dengan bahan yang tidak sesuai. Sehingga ini justru bisa membuat penyesuaian temperature body tidak optimal sehingga akan membuat perangkat lebih cepat panas dari biasanya.

Android Terserang Malware atau Virus

Malware atau virus tidak hanya rentang dialami pada perangkat komputer, melainkan pada perangkat gadget seperti smartphone dan tablet, khususnya pada Android. Itu juga berpontensi terserang virus dan malware.

Malware yang menyerah sistem operasi perangkat biasanya akan menjalankan program tambahan dibelakang layar secara terus menerus tanpa diketahui oleh sang pemilik. Bahkan beberapa malware atau virus itu menjalankan program atau aplikasi dengan running yang banyak sekaligus. Ini tidak hanya membuat ponsel cepat panas melainkan menyita kinerja android dari sisi software.

Aplikasi Latar Belakang

Ini berkaitan pada poin ke-lima diatas. Namun ini secara umum untuk semua jenis aplikasi. Biasanya ketika Anda sering menggunakan aplikasi tampilan atau skin atau mungkin launcher tambahan untuk android Anda. Ini biasanya akan menjalankan beberapa proses program yang dijalankan di background atau latar belakang perangkat.

Secara tidak disadari proses ini akan membuat perangkat cepat panas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa dengan rutin membersihkan caching aplikasi atau penggunaan ram yang tengah berjalan seperti pada artikel berikut:

Gunakan Aplikasi Clean Master

Aplikasi Clean Master atau Android Booster ini memungkinkan perangkat dapat membersihkan penggunan aplikasi yang berjalan dilatar belakang layar dan beberapa file junk atau program running lainnya.

Sama halnya pada poin pertama, program yang terus-menerus berjalan akan cepat membuat perangkat untuk cepat panas. Maka salah satunya adalah rutin mengontrol program berjalan di android. Namun Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi otomatis yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini sepert aplikasi Memory Cleaner, Memory Booster, App Force Closed dan banyak lagi yang dapat Anda unduh melalui Google Play Store.

Mengaktifkan Fitur Android Secara Terus-Menerus

Smartphone saat ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang menunjang penggunanya. Seperti GPS, Wi-Fi, Bluetooth, notifikasi popup, tingkat kecerahan layar, widget berlebihan, dan banyak lainnya. Sering kali pengguna smartphone itu mengabaikan atau secara tidak sengaja tidak menyadari beberapa fitur ini diaktifkan di smartphone mereka.

Kembali lagi bahwa penggunan fitur atau aplikasi yang berjalan secara terus menerus akan membuat perangkat cepat mengalami panas. Maka jika itu Anda alami. Salah satu caranya cobalah untuk memerhatikan apakah ada fitur yang tidak sedang Anda gunakan atau inginkan yang sedang aktif saat itu atau tidak.

Melakukan Panggilan Telepon/Video Dalam Waktu Lama

Ini adalah dampak paling umum yang sudah banyak diketahui oleh beberapa pengguna smartphone atau ponsel terdahulu. Disaat Anda melakukan panggilan telepon atau panggilan video/facetime ini tentu biasanya akan membuat smartphone cepat mengalami panas.

Terlebih jika Anda telah melakukan panggilan telepon hingga 1 jam lamanya. Tidak perlu Anda khawatirkan, sebab hampir seluruhnya smartphone juga mengalami hal yang sama. Solusinya untuk meminimalisir adalah lakukanlah panggilan telepon di jangkauan sinyal yang sangat baik agar tidak membuat ponsel melakukan kinerja lebih untuk receiving signal.

Suhu Ruangan Atau Lingkungan Yang Panas

Anda bahkan tidak perlu menggunakan smartphone Anda, namun smartphone Anda bisa saja panas atau mudah panas disaat berada dilingkungan yang tidak mendukung. Misalnya Anda menyimpan smartphone Anda dalam kendaraan mobil yang terjemur di terik matahari. Tentu ini akan membuat smartphone Anda jauh lebih panas dari biasanya. Tidak hanya itu, berada di saku celana atau diruangan yang memiliki suhu panas. Tidak hanya membuat kulit Anda keringatan, namun smartphone juga akan mudah mengalami demam. Untuk masalah ini, salah satu yang terbaik adalah berada diruangan bersuhu rendah.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa uraian singakat mengenai bagaimana cara mengatasi smartphone android yang cepat panas atau cepat mengalami pemborosan baterai. Semoga artikel ini bisa menjawab kendala Anda. Selebihnya jika ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.