Cara Reset Pabrik MacBook Pro

Diposting pada

Pada artikel ini woiden akan menguraikan langkah mudah untuk memuat ulang atau reset pabrik MacBook Pro selayaknya baru pertama kali dibeli dengan keseluruhan pengaturan menjadi default atau bawaan dari awal.

Mereset perangkat MacBook biasnaya dilakukan ketika perangkat seseorang mengalami kesalahan software seperti setelan atau pengaturan program, kesalahan tampilan baterai dan beberapa kesalahan atau masalah kecil lainnya. Cara ini umumnya dapat mengatasi untuk masalah-masalah ringan seperti yang disebutkan tersebut.

Untuk melakukan reset pabrik di perangkat Mac, Anda tidak perlu susah payah. Sebab perangkat Macbook sendiri sudah menerapakan langkah yang cukup mudah dilakukan untuk dapat memuat ulang pengaturan dan system perangkat termasuk memulihkan kembali penyimpanan drive atau memori dan instalasi ulang pada operating system MacOS secara otomatis. Jadi jika Anda ingin melakukan reset di perangkat Macbook Anda, silahkan mengikuti cara yang diuraikan dibawah ini.

Cara Reset Pabrik MacBook Pro Dengan Cepat dan Mudah

  1. Sebelum Anda melakukan tahap ini, Anda disarankan untuk melakukan backup semua data-data penting Anda. sebab tidak jaminan keamanan data-data atau file Anda yang tersimpan di hard drive perangkat Anda.
  2. Buka Menu Logo Apple   di Jendela toolbar samping Finder.
  3. Dari sub menu drop-down, pilih “Restart…”
  4. Klik “Restart” lagi saat jendela popup menkonfirmasi langkah Anda.
  5. Segera Mungkin tekan dan tahan tombol “Command ⌘” dan “R” secara bersamaan dari keyboard macbook Anda setelah Anda mengklik tombol “Restart”. Anda harus tepat waktu dalam menekannya, sebab Anda akan dialihkan ke booting normal jika melewatkan timing tersebut.
  6. Lepaskan tombol itu setelah Anda berada di layar yang menampilkan logo Apple di layar. Ini akan mengarahkan Anda ke menu Recovery. Proses ini biasanya membutuhkan beberapa menit untuk dapat masuk ke mode tersebut.
  7. Setelah masuk ke mode recovery, pilih “Disk Utility”. Kemudian pilih “Continue”.
  8. Setelah masuk ke jendela “Disk Utility”. Silahkan Anda pilih Hard Drive penyimpan System MacBook Anda dari sisi kiri jendela. Hard Drive sistem biasanya bernama “OSX Sierra”, “OSX Lion”, atau lainya sesuai versi operating system MacOS yang Anda gunakan.
  9. Setelah Jendela Hard Drive Anda terbuka, Pilih “Erase” dari menu diatas jendela toolbar.
  10. Pada menu “Format:”, pilih “Mac OS Extended (Journaled)”.
  11. Kemudian pilih “Erase…” dari menu pojok kanan bawah jendela untuk mulai mereset pabrik macbook pro Anda.
  12. Tunggu hingga proses selesai dan klik “Done” saat prosesnya selesai.

Itulah 12 langkah mudah dan cepat yang dapat Anda lakukan ketika ingin melakukan reset pabrik sepenuhnya di perangkat MacBook Pro Anda. Penerapan ini juga dapat diterapkan dibeberapa jenis perangkat MacBook Lainya.

Penerapan ini cocok untuk Anda yang ingin menjual kembali perangkat MacBook Pro Anda. Tanpa pembeli Anda melihat dan mendapatkan data-data lama Anda nantinya. Selebihnya, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia.