Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android

Diposting pada

Jika Anda pernah ingin mencoba melakukan beberapa tweaks atau flashing di smartphone atau tablet Android. Maka Anda mungkin sudah paham betul apa fungsi dari USB Debugging yang berada di bawah menu Mode Pengembang atau Developer Options Android ini.

Fungsi ini biasanya digunakan untuk memungkinkan perangkat lain yang terhubung dengan perangkat android Anda dapat saling berinteraksi dengan saling tukar command atau perintah dan beberapa file yang dapat dijalankan di perangkat Android. Ini berkaitan dengan kemampuan komunikasi atau transfer dari perangkat komputer ke perangkat Android atau sebaliknya.

Biasanya jika Anda ingin melakukan flashing, rooting, melakukan mirroring layar ke perangkat lain, atau melalukan tweaks lainnya yang memerlukan konektivitas ke komputer. Itu umumnya memerlukan izin akses lebih dalam ke system perangkat android Anda, nah USB Debugging inilah yang memiliki peran untuk memungkinkan perangkat lain dapat mengakses atau tidaknya.

Untuk mengaktifkanya mode ini sangatlah mudah, bahkan untuk semua versi Android, itu memiliki penerapan yang tidak jauh berbeda. Lebih jelasnya diuraikan berdasarkan langkah berikut ini:

Android 2.0 Eclair, Android 2.2 Froyo, dan Android 2.3 Gingerbread

Settings -> Applications -> Development -> USB Debugging

Android 3.0 Honeycomb dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Settings -> Developer Options -> USB Debugging.

Android 4.1 Jelly Bean dan Android 4.4 KitKat

Pada Android Jelly Bean dan KitKat, Anda perlu melakukan beberapa langkah tambahan untuk dapat mengaktifkan mode ini. Dimana Anda harus mengaktifkan Opsi Pengembang atau Developer Options terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya, ikut langkah dibawah ini:

  1. Buka “Setelan” atau “Settings” smartphone Anda.
  2. Gulir kebagian paling bawah sampai Anda melihat pilihan “Tentang” atau “About Phone”.
  3. Buka Pilihan ini, dan ketuk “Build Number” yang tertera paling bawah sebanyak 3 kali atau lebih secara cepat.
  4. Setelah selesai, kembali ke Settings atau pengaturan dan Anda akan melihat “Developer Options” atau “Mode Pengembang” yang tertera.

Anda cukup mengalihkan ke Settings -> Developer Options -> USB Debugging

Android 5.0 Lollipop, Android 6.0 Marshmallow, Android 7.0 Nougat, dan Android 8.0 Oreo

Hampir serupa dengan android jelly bean atau kitkat, Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu mode developer dengan menekan Build Number berulang kali secara cepat. Namun Android 5.0 Lollipop keatas, Anda harus mengetuk build number lebih dari 7 kali atau lebih secara cepat atau seperti berikut:

Settings -> About Phone -> Ketuk “Build Number” sebanyak 7 kali atau lebih secara cepat.

Setelah itu arahkan ke Settings -> Developer Options -> USB Debugging.

Kesimpulan

Sebagian besar penerapan pada setiap versi Android itu hampir memiliki langkah yang sama, hanya pada android 4.1 Jelly bean yang mengharuskan untuk mengaktifkan mode pengembang untuk dapat menampilkan menu ini dari setelan atau settings smartphone. Selebihnya untuk semua versi Android itu memiliki penerapan sama.