Seskoal Pondasi Kedaulatan Kelautan RI

Logo Seskoal

 

Bhataramedia.com – Seskoal atau Sekolah Komando dan Staf Angkatan Laut baru-baru ini mendapatkan kunjungan dari Indroyono Soesilo selaku Menteri Koordinator Kemaritiman RI. Kunjungan ini memang bertujuan untuk melakukan peninjauan berbagai fasilitas yang ada di sekolah yang mendidik para perwira yang akan menjaga kedaulatan laut Republik Indonesia ini. Di Komplek Seskoal yang berada di Cipulir Jakarta Selatan, Indroyono Soesilo mengutarakan maksud kedatangannya kepada pihak media. Seperti yang dilansir merdeka.com (4/11/14).

Bagi Indroyono Soesilo pendidikan yang memadai bagi para perwira Angkatan Laut sangatlah penting. Karena berhubungan erat dengan kedaulatan bangsa Indonesia. Oleh karenanya Indroyono Soesilo menilai kalau dia harus memberikan sejumlah materi pembelajaran dalam pendidikan Seskoal tersebut. Tujuannya agar bisa memberikan penjelasan mengenai beragam program kerja Kementerian Koordinator Kemaritiman saat ini dan di masa mendatang.

Beberapa materi yang akan disampaikan kepada para calon perwira AL ini adalah posisi penting Indonesia yang masuk dalam jajaran negara yang berfungsi sebagai poros maritim dunia, memantapkan kedaulatan NKRI di laut dan juga mega proyek pembangunan tol laut. Sejumlah materi ini diharapkan dapat terserap dan dipahami dengan baik oleh para calon penjaga kedaulatan kelautan RI ini.

Di lain pihak Laksamana Marsetio selaku Kepala Staf angkatan laut menegaskan kalau pihak AL memang dengan sengaja menghadirkan Indroyono Soesilo guna memberikan materi khusus dalam pendidikan Seskoal tersebut. Selain itu momen ini sekaligus guna peninjauanPusjianmar atau Pusat Kajian Maritim.

Menurut Laksamana Marsetio, Seskoal adalah lembaga pendidikan paling tinggi di TNI AL yang bertugas memberikan pendidikan kepada seluruh perwira Angkatan Laut yang mengusung visi maritim. Pada sesi terakhir pihak TNI AL mengundang Indroyono Soesilo selaku Menteri Koordinator Kemaritiman yang berhubungan erat dengan tugas dan tanggung jawab perwira AL di masa depan.

Dengan pemberian sejumlah materi penting kepada para perwira ini, akan memperluas pengetahuan, keilmuan dan pemahaman mereka. Yang tentunya sangat bermanfaat bagi kinerja mereka saat bertugas dalam menjaga kedaulatan laut Republik Indonesia yang seringkali mendapatkan gangguan dari negara tetangga seperti Malaysia.

You May Also Like