Education

Alat Musik Tradisional Beserta Daerah Asalnya

bhataramedia.comAlat Musik Tradisional Beserta Daerah Asalnya Indonesia terkenal dengan keaneka ragamannya, mulai dari bahasa, budaya, tarian, hingga alat musik. Dan itu pula yang membuat negara lain merasa terpukau dengannya. Karena selain unik, keberagaman tersebut merupakan gambaran dari setiap daerah yang ada pada Indonesia.

Dengan adanya berbagai macam bahasa, budaya, tarian hingga alat musik, menjadikan hal tersebut sebagai perwakilan atau ciri khas dari daerah yang merupakan asalnya. Misalnya saja bahasa banjar yang berasal dari Kalimantan Selatan, tari saman yang merupakan tarian asal Aceh, atau angklung yang merupakan alat musik asal Jawa Barat.

Indonesia terkenal dengan keaneka ragamannya, mulai dari bahasa, budaya, tarian, hingga alat musik. Dan itu pula yang membuat negara lain merasa terpukau dengannya. Karena selain unik, keberagaman tersebut merupakan gambaran dari setiap daerah yang ada pada Indonesia.

Dengan adanya berbagai macam bahasa, budaya, tarian hingga alat musik. Menjadikan hal tersebut sebagai perwakilan atau ciri khas dari daerah yang merupakan asalnya. Misalnya saja bahasa banjar yang berasal dari Kalimantan Selatan, tari saman yang merupakan tarian asal Aceh, atau angklung yang merupakan alat musik asal Jawa Barat.

Alat Musik Tradisional Indonesia

1. Gamelan

Alat musik yang berasal dari Jawa Tengah ini sudah terkenal hingga mancanegara. Bahkan di New Zealand dan Amerika Serikat, ada beberapa sekolah yang sudah memasukkan gamelan sebagai kurikulum yang diajarkan.

Related Post

2. Saluang

Sumatera Barat juga memiliki alat musik khasnya, yaitu saluang. Alat musik yang masih populer hingga kini, terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara ditiup.

3. Kolintang

Alat musik ini berasal dari Sulawesi Utara dan dimainkan dengan cara memukulnya menggunakan tongkat khusus yang biasanya pada ujung tongkat ada tambahan kain. Dan jumlah wilahan yang ada pada alat musik ini umumnya berjumlah 9 buah.

4. Gambus

Untuk alat musik yang berasal dari Riau ini, akan menimbulkan irama yang indah dengan cara dipetik dan biasanya memiliki 3 hingga 12 senar. Gambus sangat cocok dipadukan dengan gendang untuk menciptakan sebuah musik yang enak didengar.

5. Tifa

Alat musik yang merupakan khas dari Indonesia Timur seperti Maluku dan Papua ini, dimainkan dengan cara serupa seperti gendang, yaitu dipukul. Tifa sering kali dihiasi dengan ukiran – ukiran indah khas Maluku ataupun Papua, yang menjadi daya tarik lebih bagi para turis untuk membawanya pulang sebagai oleh – oleh.

Demikian beberapa alat musik tradisional Indonesia beserta daerah asalnya. Semoga kita bisa melestarikan kebudayaan ini agar tidak tenggelam oleh kemajuan jaman dan teknologi yang semakin hari semakin berkembang.

Herianto Fitriadi

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago