Health

4 Cara Berhenti Merokok Tanpa Obat

BHATARAMEDIA.COM – 4 Cara Berhenti Merokok Tanpa Obat Untuk beberapa orang, merokok merupakan hal yang yang biasa dan bahkan suatu kebutuhan terutama untuk mereka yang sudah menjadi pecandu. Rokok memang memiliki banyak zat buruk untuk kesehatan, yang mana terdapat zat adiktif membuat penikmatnya menjadi kecanduan dan kesulitan untuk berhenti.

Meskipun memiliki banyak dampak buruk, seperti penyakit paru – paru, serangan jantung, kanker tenggorokan dan lainnya. Namun tidak menjadi halangan untuk penikmatnya. Terlihat dari banyaknya perokok aktif  yang menurut IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) pada tahun 2018 saja telah mencapai 51.1 persen dari penduduk Indonesia.

Baca Juga : Bahaya Rokok Bagi Wanita

Dan untuk berhenti merokok pun memang agak sulit, terlebih yang sudah lama menjadi pecandu rokok. Sehingga muncullah produk – produk yang bertujuan sebagai pengganti rokok. Sebut saja salah satunya NRT atau Nicotine Replacement Therapy yang hanya bisa dapat dengan menggunakan resep ahlinya.

Namun untuk mendapatkan resep tersebut pun kita terlebih dahulu mengikuti sesi terapi yang tidak mungkin juga semua orang bisa mengikutinya. Sebagai alternatif lainnya, perokok aktif yang ingin memulai untuk berhenti merokok bisa menggunakan cara yang alami tanpa obat. Seperti beberapa tips berikut ini yang bisa kamu terapkan untuk berhenti merokok.

Related Post

1. Tentukan alasan untuk berhenti

Untuk berhenti menjadi perokok, ada baiknya kamu tentukan terlebih dahulu alasan mengapa ingin berhenti. Jika perlu, kamu buat daftar alasan – alasan tersebut pada sebuah catatan yang sering dilihat sehingga kamu bisa lebih fokus untuk berhenti.

2. Coba alihkan pikiran dengan hobi baru

Dengan mengalihkan pikiran yang biasanya tertuju pada rokok, kamu bisa mencoba hal – hal baru yang lebih bermanfaat dan tentunya yang bisa mengurangi stress. Karena stress merupakan alasan utama dari ketercanduannya perokok aktif.

3. Gunakan kata – kata untuk sugesti diri

Dengan mensugesti diri, pecandu akan lebih berpikiran positif dan tentunya juga bisa lebih menahan diri untuk tidak merokok kembali.

4. Hindari lingkungan perokok

Umumnya lingkungan memiliki pengaruh penting terhadap kebiasaan seseorang, begitu juga untuk yang memiliki kebiasaan merokok. Akan lebih baik jika mengurangi waktu untuk berkumpul dengan para perokok. Karena hal ini juga bisa membantu kamu untuk menghindari godaan akan rokok.

Untuk berhenti merokok memang tidak bisa dengan mudah. Oleh karena itu kamu harus yakin dan berusaha jika memang berniat untuk berhenti menjadi perokok. Terlebih jika kamu seorang perokok aktif yang memiliki anak kecil. Kamu bisa lebih fokus untuk berhenti merokok dengan tujuan menghindari dan melindungi anak dari berbagai macam penyakit yang berasal dari rokok.

Itulah beberapa cara untuk berhenti merokok yang bisa kamu terapkan tanpa menggunakan obat -obatan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Herianto Fitriadi

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago