lari, jogging
Ilustrasi, lari. (Photo : Kyle Cassidy)

Berlari Buat Anda Awet Muda

Diposting pada

Bhataramedia.com – Menurut penelitian baru oleh para peneliti University of Colorado Boulder dan Humboldt State University, joging dapat memutar kembali waktu penuaan.

Studi yang dipublikasikan di Public Library of Science Journal PLOS ONE tersebut, menemukan bahwa orang tua yang berlari beberapa kali seminggu untuk berolahraga, mengeluarkan jumlah energi yang sama dengan berjalan kaki pada usia 20 tahun.

Namun, para peneliti juga menmukan bahwa orang-orang tua yang berolahraga hanya dengan berjalan, mengeluarkan jumlah energi yang sama dengan berjalan pada orang yang lebih tua dari mereka dan orang dewasa dengan kebiasaan menetap.

“Intinya adalah bahwa berlari membuat Anda lebih muda, setidaknya di dalam hal efisiensi energi,” kata Rodger Kram, peneliti CU-Boulder dari Departemen Fisiologi Integratif.

Studi tersebut  melibatkan 30 orang dewasa sehat yang berusia tua (15 pria dan 15 wanita)  dengan usia rata-rata 69 tahun. Mereka secara teratur berolahraga dengan berlari atau berjalan. Semua relawan telah berjalan atau berlari setidaknya tiga kali seminggu selama minimal 30 menit per latihan, selama setidaknya enam bulan.

“Apa yang kami temukan adalah bahwa orang dewasa lebih tua yang secara teratur berpartisipasi di dalam kegiatan yang sangat aerobik (berlari pada khususnya) memiliki “biaya” metabolik yang lebih rendah,” kata profesor Humboldt State, Justus Ortega .

“Sudah dikenal sejak lama bahwa pada saat usia seseorang bertambah tua, kapasitas maksimum aerobik mereka menurun dan itu juga berlaku untuk para pelari. Apa yang baru di sini adalah kami menemukan bahwa pelari berusia tua mempertahankan tingkat bahan bakar mereka,” lanjut dia, seperti dilansir Humboldt State University (21/11/2014).