4 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia

4 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia

Tinggal di negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia memang bukan jaminan seseorang bisa menjadi lebih cerdas dan lebih berprestasi dibandingkan dengan negara-negara yang berada di peringkat bawah. Tapi, setidaknya negara yang termasuk memiliki sistem pendidikan terbaik menyediakan fasilitas dan juga sarana yang bisa menunjang pelajarnya untuk memiliki daya saing yang lebih tinggi tidak hanya dalam skala nasional namun juga internasional. Anda berencana untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri? Berikut adalah beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia berdasarkan laporan Global Competitiveness Report dari World Economic Forum. Indonesia masuk tidak ya?

Finlandia

Dalam laporan tersebut, Finlandia berhasil menduduki posisi pertama dengan negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Salah satu kelebihan dari sistem pendidikan di Finlandia adalah sistem kelas yang tidak membedakan antara kemampuan kelompok siswa tertentu dengan kelompok siswa lainnya sehingga tidak ada diskriminasi dan jurang pemisah yang lebar antara si pintar dengan si biasa saja. Sekolah-sekolah di Finlandia juga dikenal jarang memberikan pekerjaan rumah dan hanya memberikan satu kali tes wajib yaitu pada usia 16 tahun.

Belgia

Negara Eropa ini juga memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia  di mana sistem sekolahnya sudah mengarahkan pelajar untuk mengenyam pendidikan sesuai dengan minatnya di tingkat sekolah menengah. Pada tingkat sekolah menengah ada 4 jalur yang bisa dipilih yaitu sekolah teknik, sekolah vokasi, sekolah seni, dan sekolah umum. Sistem pendidikan yang lengkap baik swasta maupun negeri bisa diberikan kepada anak-anak usia 4 hingga 18 tahun dengan biaya yang rendah bahkan gratis.

Singapura

Singapura adalah negara di Asia yang cukup langganan masuk ke dalam daftar sistem pendidikan terbaik di dunia di samping Jepang dan Korea Selatan. Negara ini juga menduduki peringkat yang cukup tinggi di PISA (Programme for International Student Assesment) yang mengukur dan membandingkan kemampuan pelajar dari berbagai negara. Tapi di samping peringkat yang tinggi ini, ternyata sistem pendidikan di Singapura juga dikenal sebagai sistem yang memberikan tekanan tinggi pada pelajarnya di setiap tingkat. Mirip ya dengan di Indonesia.

Belanda

Selain menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, anak-anak di Belanda ternyata juga dinyatakan sebagai anak-anak paling bahagia di dunia menurut UNICEF pada tahun 2013. Kebahagiaan anak-anak tentunya berkaitan erat dengan sistem pendidikannya, bukan? Sekolah-sekolah di sana biasanya tidak memberikan banyak pekerjaan rumah pada tingkat sekolah dasar, laporan dari para pelajar pun tidak banyak yang melaporkan adanya rasa tertekan atau adanya beban yang berat dari sekolah. Sekolah di Belanda dibagi menjadi sekolah keagamaan dan sekolah umum, dengan jumlah sekolah swasta yang hanya sedikit.

You May Also Like