Education

Beberapa Jalur Masuk Perguruan Tinggi Bagi Calon Mahasiswa

Table of Contents

BHATARAMEDIA.COM – Beberapa Jalur Masuk Perguruan Tinggi Bagi Calon Mahasiswa Masa transisi mencari Perguruan Tinggi merupakan masa dimana siswa biasanya dihadapkan pada keputusan sulit. Mereka tidak hanya harus memikirkan ingin sekolah dimana, tapi juga menentukan jurusan yang ingin diambil. Tidak sampai disitu, mereka juga harus mencari informasi soal persaingan di universitas tujuan sebab setiap universitas punya level popularitas yang berbeda. Bagi anda yang ingin melamar ke Perguruan Tinggi, ada beberapa jalur masuk yang bisa dipertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi yang memakai prestasi akademis sebagai kriteria seleksi. Program penerimaan ini bisa diikuti oleh siswa yang sudah lulus SMA, SMK, MA, atau sekolah lain yang sederajat. Agar bisa lolos seleksi, peserta diwajibkan memiliki nilai rapor baik ketika menjalani pendidikan di SMA. Rapor yang dipergunakan yaitu mulai dari semester 1 hingga semester 5. Siswa yang punya prestasi bagus tentu lebih berpeluang lolos program ini.

Ketentuan lain yang juga dipergunakan sebagai prasyarat adalah akreditasi sekolah. Peserta dianggap berprestasi ketika ia masuk dalam 50% siswa terbaik di sekolah dengan Akreditasi A, 30% persen siswa terbaik di sekolah Terakreditasi B, atau 10% siswa terbaik di sekolah Terakreditasi C. Sementara untuk sekolah yang belum punya akreditasi, hanya 5% siswa terbaiklah yang masuk dalam kualifikasi ini. Jika anda memenuhi persyaratan seleksi, jangan lupa untuk membaca semua ketentuan yang ditetapkan pada perguruan tinggi yang dituju.

Related Post

PMDK-PN

PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri) merupakan jalur masuk perguruan tinggi yang khusus diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri di Indonesia. Jika ingin mendaftar, saat ini prosesnya sangat praktis karena bisa dilakukan secara online tanpa biaya sama sekali. Namun begitu, anda perlu tahu kapan jadwal seleksi ini dimulai. Untuk tahun ini, registrasi dimulai dari tanggal 4 Februari hingga 6 April 2019, sementara pengumumannya dilakukan pada 16 April 2019. Pilihan politeknik di Indonesia ada banyak. Hingga sekarang jumlahnya sudah mencapai 42 yang tersebar di berbagai provinsi.

SBMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan jalur masuk perguruan tinggi yang tidak mementingkan prestasi akademis selama di sekolah. Peserta hanya diwajibkan mendaftar dan mengikuti ujian yang telah dipersiapkan. Tahun ini SBMPTN mengalami cukup banyak perubahan, mulai dari alur pendaftaran hingga daya tampungnya. Jika tahun lalu siswa diminta memilih jurusan dan PTN terlebih dahulu, maka pada tahun ini kebalikannya, siswa harus melalui tahap ujian terlebih dahulu, setelah itu baru mereka bisa melakukan pendaftaran ke PTN.

Sementara itu, materi yang diujikan adalah Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Setelah melakukan registrasi dan mengikuti ujian, peserta akan mendapatkan pengumuman nilai. Jika ia merasa belum puas dengan nilai tersebut, ada 1 ujian lagi yang bisa diikuti. Jadi totalnya ada 2 kali tes ujian yang setiap peserta bisa ambil setiap tahunnya. Nilai tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk melamar ke Perguruan Tinggi yang diinginkan.

andika setyawan

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago