Tips Mudah Untuk Memulai Diet Ala Vegetarian

Diet vegetarian adalah diet yang hanya berbasis makanan, dengan kata lain tidak ada daging-dagingan dalam makanan maupun minuman Anda

Tips untuk mulai diet vegetarian bisa Anda dapatkan beberapa informasinya di sini. Diet vegetarian adalah diet yang hanya berbasis makanan, dengan kata lain tidak ada daging-dagingan dalam makanan maupun minuman Anda. Meski sebagian orang juga masih mengonsumsi produk hewani seperti susu, keju, telur, dan produk hewani non-daging lainnya. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi vegetarian antara lain adalah menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung, kolesterol tinggi dan sebagainya. Sudah terbiasa makan daging sebagai lauk tentu agak sulit di awal untuk menjadi seorang vegetarian. Jangan khawatir, Anda bisa mulai dengan beberapa hal berikut ini.

Bisa dimulai langsung atau secara bertahap

Anda bisa melakukan diet vegetarian dengan beberapa cara. Misalnya dengan langsung menghilangkan unsur hewani dari makanan dan minuman Anda, atau memulainya secara bertahap misalnya mulai berhenti mengonsumsi daging merah, kemudian dilanjutkan dengan tidak makan ayam, terakhir menghindari makan ikan, dan seterusnya. Bisa juga melakukan diet vegetarian pada waktu tertentu misalnya hanya dua kali seminggu, atau sebaliknya Anda mengijinkan diri untuk makan daging di akhir pekan.

Tahan godaan dengan cari bahan alternatif

Tips untuk mulai diet vegetarian selanjutnya adalah mencari bahan pengganti daging sebagai lauk makan. Lemak pada produk hewani memang bisa memberikan rasa yang gurih pada makanan dan menjadi godaan paling besar bagi vegetarian terutama yang pemula. Aneka macam jenis jamur adalah yang paling umum dikonsumsi untuk menggantikan tekstur daging. Anda juga bisa membuat steik dari tempe maupun berbagai macam resep vegetarian lainnya yang bisa jadi eksperimen Anda.

Baca label makanan dengan baik

Hati-hati dengan produk makanan kemasan karena seringkali bahan komposisi hewani dimasukkan ke dalam makanan dengan berbagai macam bentuk. Puding buah yang Anda masukkan ke keranjang belanja bisa jadi mengandung bahan hewani meski di labelnya tidak ada tulisan yang menyebut nama hewan tersebut. Beberapa macam bahan hewani yang biasanya ada pada produk makanan maupun minuman adalah madu, gelatin, casein, whey, dan sebagainya.

Sumber nutrisi yang biasanya banyak di produk hewani

Salah satu kontra dari diet vegetarian adalah resiko kekurangan  nutrisi yang biasanya banyak terdapat pada produk hewani seperti misalnya protein, vitamin B12, dan juga asam lemak omega 3. Sebenarnya masih banyak sumber nutrisi lainnya selain produk hewani yang bisa Anda konsumsi saat diet vegetarian. Misalnya untuk sumber protein Anda bisa mendapatkannya dari kedelai, kacang-kacangan, pasta gandum, kacang almond, telur, dan lainnya. Sementara untuk nutrisi vitamin B12 ada di telur, susu, keju, nasi, gandum, kacang kedelai, almond,  dan lainnya. Sedangkan untuk asam lemak omega 3 ada di minyak biji rami, chia seed, walnut, minyak lobak, dan lainnya. Demikian adalah beberapa tips untuk mulai diet vegetarian yang bisa jadi langkah awal Anda.

You May Also Like