Tips Bermain Bulu Tangkis Ala Liliyana Natsir

Tips Bermain Bulu Tangkis Ala Liliyana Natsir

Liliyana Natsir memastikan dirinya pensiun dari ajang bulutangkis setelah berkompetisi dalam Indonesia Masters 2019. Liliyana Natsir bersama Tontowi Ahmad di kelas ganda campuran memang telah mencapai sukses begitu besar. Berikut ini adalah tips bermain bulu tangkis ala sang juara tersebut.

1. Komunikasi adalah hal yang sangat penting

Bermain di kelas ganda campuran membuat Liliyana Natsir sangat paham bahwa tips paling penting untuk dapat berhasil di kelas ini adalah komunikasi yang baik. Komunikasi tersebut adalah awal dari bagusnya permainan dan kekompakan bermain dengan rekan di lapangan. Tentunya rekan di atas lapangan tidak hanya terbatas pada sesama pemain saja, namun juga pada pelatih. Mendengarkan pelatih sangat penting, karena pelatihlah yang dapat mengarahkan permainan menjadi lebih baik. Jadi walaupun anda adalah pemain bulutangkis tunggal, komunikasi tetaplah penting. Komunikasi yang baik dengan pelatih dapat membuat permainan bulutangkis menjadi lebih berkembang, dan membuat lebih mampu menentukan strategi yang paling tepat untuk melumpuhkan lawan.

2. Kerja keras, dan pantang menyerah

Tips nomor dua adalah tips yang paling klise. Mungkin pendengarnya sudah bosan mendengar akan kata-kata rajin berlatih, bekerja keras, dan pantang menyerah. Namun kenyataannya itulah tips sukses yang pernah disampaikan Liliyana Natsir secara langsung kepada para junior-juniornya. Sayangnya memang hanya akan ada segelintir orang saja yang mau menjalankannya. Selain itu, yang mampu menjalankannya secara konsisten hanya segelintir orang saja, apalagi untuk tetap konsisten bekerja keras di saat terpuruk merupakan tantangan yang sangat berat. Sebenarnya dari sini kita dapat melihat sebuah peluang, yaitu bahwa pesaing untuk menuju sukses jumlahnya sedikit. Karena memang segelintir orang saja yang benar-benar mau bekerja keras untuk sukses menjadi juara bulutangkis.

Tentunya dengan jumlah pesaing yang lebih sedikit dapat membuat kemungkinan juara menjadi lebih besar. Pertanyaannya saat Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad menjadi juara juara dunia, apakah keduanya mengalahkan seluruh pebulutangkis di dunia? Jawabannya tidak. Keduanya hanya melawan beberapa orang-orang di dunia yang memang mau bekerja keras dalam kompetisi bulutangkis. Jadi sekarang mulailah menyusun dan menjalankan jadwal latihan bulutangkis dengan rutin dan teratur.

3. Tetap rendah hati

Salah satu faktor yang membuat seorang juara tetap terus dapat menjadi seorang juara adalah tidak lepasnya dari dukungan dari penonton dan penggemar setia. Penonton dan penggemar setia akan selalu mengirimkan doa-doa positif, dan memberikan semangat di saat lelah, tertekan, dan hampir kalah. Semua dukungan dan doa positif itulah yang menjadi faktor X yang dapat mengubah keadaan yang nampak akan kalah, menjadi sebuah kemenangan sejati. Pertanyaan krusialnya adalah, apakah ada orang yang tetap mau mendoakan dan mendukung jika ternyata kita merupakan orang yang sombong? Tentunya tetap ada saja yang akan mendoakan, namun mungkin akan lebih banyak yang akan memberikan doa dan dukungan negatif agar segera kalah. Hal inilah yang akhirnya dapat menjatuhkan mental, dan membuat mahkota seorang juara terhebat sekalipun tidak akan bertahan lama.

Liliyana Natsir telah membuktikan diri sebagai seorang juara yang rendah hati. Terbukti saat acara perpisahannya di sela-sela kompetisi Indonesia Masters 2019, banyak penggemar yang mengucapkan salam perpisahan, dan terima kasih atas dedikasi Liliyana Natsir selama ini. Jadi mulai sekarang hargailah siapapun pendukung anda. Pendukung sejati anda sebenarnya adalah orang-orang terdekat anda sendiri seperti keluarga, dan sahabat. Kini berlatih dan teruslah berjuang agar pendukung setia anda tidak kecewa.

Itulah tips bermain bulutangkis ala Liliyana Natsir, semoga bermanfaat.

You May Also Like