Tips Memilih Indukan Lele Berkualitas

Cara Memilih Indukan Lele Berkualitas

BHATARAMEDIA.COM – Tips Memilih Indukan Lele Berkualitas Lele masih menjadi komoditi potensial sebab peminatnya selalu bertambah dari waktu ke waktu. Maka dari itu, terjun di bisnis budidaya lele merupakan keputusan yang tepat. Khusus bagi pemula, mempelajari pola pemeliharaan sangatlah diperlukan agar lele yang dihasilkan punya mutu bagus. Sejatinya lele bukanlah jenis ikan yang rewel. Ikan satu ini tidak perlu lahan yang besar untuk berkembang. Selain itu, mereka juga lahap memakan jenis pakan apa saja.

Yang juga menarik minat para pengusaha adalah masa panen yang cukup singkat. Hanya dalam waktu 2 hingga 3 bulan, lele-lele yang dipelihara sudah siap dipasarkan. Lele berkualitas dimulai dari indukan berkualitas. Berikut ini kami akan menyampaikan beberapa tips penting untuk memilih indukan lele berkualitas.

Pilih jenis lele yang tepat

Jenis lele sebenarnya ada banyak, namun tidak semuanya punya demand besar. Jika ingin meraup keuntungan lebih, maka sangat penting untuk mengetahui apa yang konsumen sukai. Dari sekian banyak jenis lele, Lele Dumbo, Sangkuriang, dan Mutiara termasuk yang paling digemari. Masing-masing punya karakteristik yang berbeda, sehingga anda perlu menggali lebih banyak informasi sebelum memutuskan membeli indukan.

Lele Dumbo merupakan salah satu varietas favorit karena bodinya bongsor dan pertumbuhannya cepat. Sementara Lele Sangkuriang unggul di kemampuan berkembang biak. Sekali memijah, lele jenis ini bisa menghasilkan hingga 60.000 butir telur. Beda lagi dengan Lele Sangkuriang. Peternak memilih lele ini karena irit pakan serta tumbuhnya cepat.

Pilih indukan yang tidak cacat

Indukan yang punya fisik kurang sempurna sebaiknya dikeluarkan dari daftar seleksi karena itu akan mempengaruhi keturunan berikutnya. Periksa tubuh lele secara menyeluruh, pastikan semua bagian lengkap. Mulai dari kelamin, pilih yang punya warna kemerahan. Untuk betinanya, cari yang perutnya sudah besar karena itu artinya ia siap bertelur. Bentuknya juga harus simetris antara kiri dan kanan.

Pilih indukan yang besar

Lele berukuran besar lebih disukai karena punya daging yang banyak. Agar punya keturunan yang besar dan sehat, pilihlah indukan yang beratnya minimal 800 gram. Semakin besar semakin baik karena itu juga menentukan kematangan seksual dari lele. Biasanya lele sudah memasuki usia matang untuk memijah ketika memasuki usia 7 bulan.

Beli di agen terpercaya

Jika tidak ingin repot dalam memilih calon indukan lele, anda bisa mencari agen yang sudah lama dipercaya sebagai supplier indukan. Agen seperti ini biasanya sudah punya standarisasi khusus dan tahu bagaimana karakteristik lele yang sudah siap dipijah. Jika ragu, tanyakan langsung bagaimana standar prosedur operasional untuk budidaya. Dengan begitu, anda tidak akan salah langkah sebab metode yang diajarkan berasal dari pengalaman pribadi selama bertahun-tahun.

Memilih indukan lele berkualitas akan berdampak langsung pada kualitas anakan. Sebaliknya, salah memilih indukan tidak hanya bisa menurunkan potensi keuntungan, tapi juga bisa memperlama proses panen akibat pertumbuhan yang lambat. Molor 1 atau 2 bulan dari estimasi awal tidak bisa dianggap remeh. Selama periode tersebut, pasti ada banyak pakan dan biaya yang terbuang sia-sia. Salah-salah bukannya untung, anda malah rugi.

You May Also Like