demensia alzheimer
Ilustrasi.

Ilmuwan Temukan Jenis Baru Penyakit Alzheimer

Diposting pada

Bhataramedia.com – Para ilmuwan telah mengidentifikasi jenis baru penyakit Alzheimer, suatu temuan dipercaya akan memimpin mereka untuk mempelajari dan mengobati penyakit otak secara lebih efektif.

Seperti dilansir University of Kentucky (13/11/2014), penyakit Alzheimer biasanya didiagnosis dengan adanya dua temuan, yaitu plak amiloid dan struktur yang disebut “tau tangles” di otak.

Namun, selama ini dokter telah dibingungkan oleh pasien-pasien yang menunjukkan gejala-gejala yang tidak dapat dibedakan dari Alzheimer yang disebabkan oleh tau tangles tanpa adanya plak amiloid.

Para peneliti dari University of Kentucky Sanders-Brown Center dan Rumah Sakit Mount Sinai di New York City sekarang menunjukkan bahwa ada suatu bentuk penyakit Alzheimer disebut primary age-related tauopathy (PART). Jenis penyakit Alzheimer ini dapat terjadi karena tidak adanya amiloid apapun di dalam otak .

PART paling parah terjadi pada pasien usia lanjut, tetapi umumnya lebih ringan pada mereka yang berusia lebih muda. Pada penyakit alzheimer, tau tangles tersebar di seluruh otak. Namun, menurut penelitian ini, pada pasien PART, tau tangles hanya terbatas pada struktur yang terkait dengan memori.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Acta Neuoropathologica.