telur ayam
Telur ayam.

Apakah Telur Ayam Baik untuk Kolesterol?

Diposting pada

Bhataramedia.com –┬áTelur ayam tinggi akan kolesterol dan diet tinggi kolesterol dapat berkontribusi terhadap meningkatnya kadar kolesterol di dalam darah. Jumlah kolesterol di dalam diet anda dapat meningkatkan kolesterol darah anda. Jumlah tersebut bervariasi bagi tiap-tiap individu. Meskipun memakan terlalu banyak telur dapat meningkatkan kolesterol, makan empat kuning telur atau kurang setiap minggunya belum ditemukan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ketika memutuskan apakah akan menyertakan telur di dalam diet anda, pertimbangkan batas harian kolesterol yang direkomendasikan di dalam makanan anda :

a. Jika anda sehat, disarankan agar anda membatasi diet kolesterol anda kurang dari 300 miligram (mg) per hari.

b. Jika anda memiliki penyakit jantung, diabetes atau memiliki kadar lipoprotein low-density (LDL) yang tinggi, anda harus membatasi diet kolesterol anda kurang dari 200 mg per hari.

Dilansir Mayo Clinic, satu telur ayam besar memiliki kandungan sekitar 186 mg kolesterol, yang semuanya ditemukan di dalam kuning telur. Oleh karena itu, jika anda makan telur pada hari tertentu, penting untuk membatasi sumber kolesterol lainnya pada hari tersebut. Pertimbangkan untuk mengganti porsi daging dengan porsi sayuran, atau menghindari produk susu tinggi lemak pada hari tersebut.

Jika anda menyukai telur tetapi tidak meinginginkan kolesterol tambahan, makanlah putih telurnya saja. Putih telur tidak mengandung kolesterol. Anda juga dapat menggantinya dengan telur bebas kolesterol yang terbuat dari putih telur.