teh kombucha
Teh kombucha.

Apa Itu Teh Kombucha? Apakah Teh Kombucha Memiliki Manfaat Kesehatan?

Diposting pada

Bhataramedia.com –┬áTeh kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari teh, gula, bakteri dan ragi. Meskipun teh kombucha kadang-kadang disebut sebagai teh jamur kombucha, kombucha bukanlah jamur, melainkan koloni bakteri dan ragi. Teh Kombucha dibuat dengan menambahkan koloni bakteri dan ragi ke dalam gula dan teh, sehingga memungkinkan campuran tersebut untuk berfermentasi. Cairan yang dihasilkan mengandung cuka, vitamin B dan sejumlah senyawa kimia lainnya.

Para pendukung teh kombucha mengklaim bahwa teh kombucha dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, serta meningkatkan pencernaan dan fungsi hati. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim kesehatan tersebut.

Dilansir Mayo Clinic, Namun, yang terjadi justru adalah laporan mengenai efek samping dari kombucha, seperti sakit perut, infeksi dan reaksi alergi pada peminum teh kombucha. Teh kombucha sering diseduh di rumah-rumah pada kondisi yang tidak steril, sehingga memungkinkan terjadinya kontaminasi. Jika pot keramik digunakan untuk merebus teh kombucha, asam di dalam teh dapat meluluhkan lapisan keramik, sehingga dapat menyebabkan keracunan.

Singkatnya, tidak ada bukti kuat bahwa teh kombucha memberikan memberikan manfaat kesehatan seperti yang telah diklaim. Pada saat yang sama, beberapa kasus yang merugikan justru telah dilaporkan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari terlebih dahulu teh kombucha hingga tersedia informasi yang lebih pasti.