Cara Download File di Scribd Secara Gratis

Diposting pada

Sebagai mahasiswa atau pelajar Anda mungkin pernah mencari sebuah file atau dokumen untuk penjunjang tugas mata kuliah atau sekolah Anda di Internet. Salah satu situs yang sering Anda kunjungi mencari file tugas mungkin secara tidak sadar adalah Scribd.

Yah, Selain Google Document, Slideshare, Academia.edu, makalah.co.id, blogspot. Kemungkinan besar lainnya adalah Scribd yang merupakan beberapa daftar situs yang telah Anda kunjungi atau mungkin sering Anda kunjungi untuk mencari bahan tugas.

Semua orang menyadari bahwa Scribd, yang merupakan salah satu perpustakaan digital terbesar di dunia dari semua jenis buku tulis seperti PDF, Word, Xls, Txt dan format dokumen lainnya. Scribd terdiri dari hampir 40 juta dokumen yang diposting oleh pengguna mereka.

Di Scribd, penulis baru dan lama menerbitkan atau menjual karya mereka dan pembaca dapat melihat-lihat halaman dan menemukan yang sesuai untuk kebutuhan mereka. Ini pada dasarnya adalah layanan berbayar dan oleh karena itu, bahkan jika itu memungkinkan Anda melihat sejumlah dokumen secara Gratis,

Anda tidak dapat mendownloadnya kecuali jika Anda melakukan upgrade ke pengguna berbayar. Dengan tingkat berlangganan yang kecil, pembaca Scribd dapat melihat dan membaca semua dokumen tersebut dari platform favorit mereka seperti Android, iOS, dan Windows.

Dengan keanggotaan gratis, Anda dapat melihat sejumlah dokumen dalam database Scribd. Anda memerlukan Scribd downloader untuk mendapatkan file yang Anda inginkan secara gratis. Di artikel ini, Anda akan belajar mendownload file tak terbatas dari Scribd secara gratis.

Anda bahkan tidak perlu membuat akun Scribd atau mengunggah atau upload sebuah file untuk mendownload sebagian besar dokumen dengan trik sederhana yang dijelaskan dibawah ini.

Metode 1: Mengunggah Dokumen Baru

Ada kebebasan yang diperbolehkan oleh Scribd yaitu system barter atau tukaran. Dimana Anda dapat mengunduh sebuah file di situs mereka, namun Anda harus mengunggah sebuah file dokumen apapun yang belum ada disitus mereka sebagai gantinya.

  1. Buka scribd.com
  2. Cari dokumen atau halaman yang ingin Anda lihat atau download tanpa membayar ke Scribd dan salin URL/link halaman itu.
  3. Sekarang masuk ke akun Scribd atau buatlah akun baru. Atau, gunakan opsi Login Facebook.
  4. Setelah mendaftar Anda akan ditanyai langganan jika Anda bukan berlangganan bulanan. Lewatkan saja dan kembali ke akun Anda (langkah penting).
  5. Sekarang Upload semua jenis dokumen yang Anda miliki dan belum ada sebelumnya di situs mereka. Ingat jangan menjiplak, karena situs mereka dapat mendeteksi dokumen yang isi filenya sudah ada disitus mereka.
  6. Tambahkan judul dan deskripsi konten yang diunggah (tidak diperlukan tapi jika Anda mau, Anda bisa) dan Simpan untuk melanjutkan.
  7. Sekarang tempelkan URL yang Anda salin di kolom browser Anda.
  8. Anda akan melihat tombol unduh/download, klik saja dan unduhan akan dimulai. Anda bisa melihat di sini bahwa file tersebut sekali tidak bisa didownload dengan mudah.

Jika file yang Anda upload/unggah sebelumnya hanya berisikan 3 halaman, sedangkan file yang ingin Anda download/unduh adalah 6 halaman. Mungkin Anda harus mengunggah 1 file lagi dengan minimal 3 halaman lagi agar system tukar dapat dijalankan.

Metode 2: Menggunakan Script Greasemonkey

Ini adalah metode lain yang akan memungkinkan Anda mendownload dokumen dan file yang diinginkan dari Scribd secara gratis. Anda bahkan tidak perlu masuk menggunakan akun Facebook atau Sign up untuk mendapatkan akun baru atau membeli keanggotaan berbayar, atau mengunggah dokumen ke Scribd. Anda hanya perlu Mozilla Firefox Web Browser untuk melakukan langkah ini.

  1. Buka atau Install Web Browser Firefox, Chrome, UC Browser, Opera, atau Safari di komputer Anda.
  2. Kemudian tambahkan add-on Greasemonkey (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/greasemonkey/) untuk Browser Mozilla Firefox atau Tampermonkey (https://tampermonkey.net) untuk Google Chrome/ Safari/UC Browser/Opera dan Firefox. Klik download dan akan menginstal secara otomatis.
  3. Sekarang download script dari situs berikut ini: https://userscripts-mirror.org/scripts/show/160374
  4. Instal script itu dalam Greasemonkey atau Tampermonkey.
  5. Arahkan ke halaman situs scribd, tepatnya ke dokumen yang ingin Anda download dari Scribd dan klik tombol “Download” yang muncul. Script ini secara otomatis akan menghilangkan halaman pembayaran Scribd dan memberi Anda pilihan untuk mendownload dokumen Anda secara langsung.

Metode 3: Generate Access Key

Langkah 1: arahkan ke situs scribd.com, cari dokumen yang Anda inginkan dan buka. Kemudian Klik kanan di manapun pada halaman dan klik “View page source”.

Langkah 2: Cari access_key, setelah Anda menemukannya salin kodenya. Lihat gambar dibawah untuk contoh seperti apa kodenya. Kode yang harus Anda salin adalah kode yang diblok berwarna biru.

Langkah 3: Cari ID dokumen yang ingin Anda download melalui url link file tersebut. Lihat gambar di bawah ini untuk contoh seperti apa ID dokumen itu. ID dokumen adalah angka yang di blok warna biru pada gambar dibawah.

Langkah 4: Ganti access_key dan document id di URL ini. Tepat pada tulisan yang berwarna merah dibawah sesuai dengan file yang ingin Anda unduh.

  • http://d1.scribdassets.com/ScribdViewer.swf?document_id=108992419&access_key=key-13davbcdewnewn9m5w02

Kemudian salin URL yang dimodifikasi ke jendela browser Anda.

Langkah 5: Dokumen akan dimuat. Setelah benar-benar dimuat, klik pada tombol cetak/print dan simpan sebagai pdf, atau jika browser Anda mendukung format word, silahkan pilih. Sesuai kebutuhan Anda sendiri.

Penutup

Itulah ketiga langkah mudah untuk mengunduh scribd secara gratis bahkan tanpa harus upload atau register. Jika ketiga metode diatas Anda rasa diberjalan di perangkat Anda. Anda bisa menggunakan metode lainnya seperti menggunakan layanan atau tool scribd download yang tersedia di banyak situs-situs lainnya.