diet mediterania
Ilustrasi.

Waktu Menyiapkan Makanan di Tumah Terkait dengan Diet Sehat

Diposting pada

Bhataramedia.com – Menurut penelitian baru di American Journal of Preventive Medicine, waktu dapat menjadi salah satu bahan yang paling penting untuk diet sehat.

Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah untuk menyiapkan makanan dikaitkan dengan beberapa indikator diet yang lebih baik, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran. Sebaliknya, menghabiskan kurang dari satu jam sehari menyiapkan makanan di rumah dikaitkan dengan memakan lebih banyak makanan cepat saji dan menghabiskan lebih banyak uang untuk makan di luar.

“Hanya ada sangat sedikit data mengenai waktu yang dibutuhkan untuk diet sehat,” kata Pablo Monsivais, Ph.D., M.P.H., penulis utama studi dan dosen senior dari Center for Diet and Activity Research, University of Cambridge School of Clinical Medicine di Inggris.

Temuan tersebut didasarkan pada tanggapan dari 1.319 orang dewasa yang berpartisipasi melalui telepon di studi obesitas pada tahun 2008 dan 2009. Peserta menjawab pertanyaan mengenai berapa jam sehari mereka rata-rata menyiapkan dan memasak makanan, serta membersihkan setelah makan. Mereka juga melaporkan mengenai konsumsi makanan dan pengeluaran biaya, serta kunjungan ke restoran. Sekitar 16 persen dari peserta mengatakan mereka menghabiskan kurang dari satu jam sehari untuk menyiapkan makanan. Sekitar 43 persen melaporkan menggunakan waktu satu dan dua jam per hari untuk menyiapkan makan, sementara 41 persen mengatakan bahwa mereka menghabiskan lebih dari dua jam sehari untuk menyiapkan makanan.

Pekerjaan di luar rumah dikaitkan dengan jam yang lebih sedikit untuk menyiapkan makanan. Khususnya, sekitar dua pertiga dari mereka yang melaporkan bahwa mereka menyiapkan, memasak dan membersihkan makanan adalah perempuan. Orang-orang dengan sedikit waktu yang tersedia untuk menyiapkan makanan juga tampak menghargai kenyamanan, memilih lebih sering makan di luar atau membeli makanan cepat saji untuk dimakan di rumah.

“Penelitian ini memperkuat studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan makanan pada umumnya dilaporkan sebagai penghalang untuk diet sehat,” kata Lauri Wright, Ph.D., R.D.N, seorang ahli diet dan gizi, serta asisten profesor di Department of Community and Family Health, University of South Florida di Tampa.

“Selain waktu dan biaya, orang sering tidak merasa yakin mengenai kemampuan mereka untuk menyiapkan makanan sehat,” kata Wright, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

“Para ahli gizi dapat memberikan pertimbangan mengenai masalah waktu ketika berbicara mengenai persiapan makanan yang sehat. Mereka dapat memberikan tips mengenai cara untuk mengoptimalkan waktu dan uang, seperti perencanaan makan, perencanaan belanja dan mempersiapkan beberapa makanan agar anggota keluarga mendapatkan makanan dan camilan sehat yang cepat dibuat,” tambah Wright, seperti dilansir Health Behavior News Service (07/11/2014).