Trik Baca Sederhana Bantu Orang dengan Degenerasi Makula

mata

Bhataramedia.com – Menurut studi di jurnal Optometry and Vision Science, orang-orang dengan degenerasi makula dan penyakit mata lainnya dapat mengambil manfaat dari trik baca sederhana.

Degenerasi makula merupakan penyebab utama kebutaan pada orang tua. Gangguan penglihatan ini mengganggu pada saat membaca, bahkan di dalam kasus-kasus ringan. Namun, menurut penelitian tersebut, membalik halaman 90 derajat searah jarum jam secara signifikan meningkatkan kemampuan orang untuk membaca kata-kata dengan menggunakan penglihatan tepi mereka.

Di dalam studi tersebut, para peneliti menugaskan 21 siswa dengan penglihatan normal di awal usia 20-an dari University of Minnesota di Minneapolis dan City University London di Inggris ke dalam salah satu dari tiga kelompok.

Satu kelompok dilatih untuk membaca teks secara horisontal yang diputar 90 derajat. Kelompok lain dilatih untuk membaca teks horisontal normal. Pelatihan terdiri dari membaca dengan suara keras 216 kalimat sehari selama empat hari berturut-turut. Kelompok ketiga tidak mendapat pelatihan.

Para peneliti menemukan  bahwa pada pembaca yang membaca teks yang diputar 90 derajat, kecepatan baca rata-rata melonjak drastis.

You May Also Like