ibu hamil, kehamilan
Ilustrasi, ibu hamil.

Obesitas pada Ibu Hamil Tingkatkan Risiko Bayi Mengalami Masalah Ginjal dan Saluran Kemih

Diposting pada

Bhataramedia.com – Obesitas pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko anak-anaknya akan lahir dengan kelainan ginjal dan saluran kemih bawaan. Hal ini berdasarkan penelitian yang akan dipresentasikan pada ASN Kidney Week 2014 tanggal 11-16 November di Convention Center Pennsylvania di Philadelphia, PA.

Kelainan ginjal dan saluran kemih bawaan (kongenital) ¬†telah didiagnosis hingga 1% dari kehamilan dan bertanggung jawab untuk 20% sampai 30% dari kelainan prenatal. Oleh karena ibu yang memiliki obesitas telah dikaitkan dengan cacat bawaan pada anak, para peneliti yang dipimpin oleh Ian Macumber, M.D. (Seattle Children’s Hospital) mencoba mengetahui kemungkinan apakah obesitas juga berdampak pada kelainan ginjal dan saluran kemih bawaan.

Para peneliti menggunakan catatan kelahiran rumah sakit dari Washington State antara tahun 2003-2012. Para peneliti kemudian telah mengidentifikasi 3.221 kasus, yang dipasangkan dengan kontrol yang sehat di dalam rasio 1: 4.

Dibandingkan dengan kontrol, ibu yang melahirkan bayi dengan kelainan ginjal dan saluran kemih bawaan, 1,3 kali lebih cenderung menjadi gemuk. Para peneliti menemukan kecenderungan yang signifikan antara kemungkinan kelainan bawaan tersebut pada anak-anak dan kategori  obesitas yang lebih tinggi. Kelebihan berat badan (bukan obesitas) tidak terkait dengan kelainan ginjal dan saluran kemih bawaan pada anak-anak.

“Temuan kami menambah pentingnya kesadaran masyarakat mengenai obesitas, terutama sebagai faktor risiko yang dapat dimodifikasi,” kata Dr. Macumber, seperti dilansir American Society of Nephrology (04/11/2014).

“Data kami melengkapi literatur mengenai hubungan obesitas dengan kelainan bawaan dan menyoroti pentingnya penelitian di masa depan untuk memperjelas mekanisme asosiasi ini,” lanjut dia.