Review Samsung Galaxy A5

samsung galaxy a5

Bhataramedia.com—Samsung lagi-lagi mengeluarkan produk terbarunya. Kali ini giliran Samsung Galaxy A5 yang didapuk meramaikan pasar gadget tanah air. Smartphone terbaru dari seri Galaxy A ini sepertinya memang diciptakan sebagai upaya dari Samsung sendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen terkait smartphone dengan harga terjangkau namun dengan kemampuan mumpuni.

samsung galaxy a5
samsung galaxy a5 vs s7

Sekilas, tampilan Samsung Galaxy A5 sangat mirip dengan Galaxy S7. Hal ini mengindikasikan Galaxy A5 sengaja dibuat untuk menyasar kalangan menengah ke atas. Selain dari tampilan, fitur yang ditawarkan pun termasuk ke dalam kelas premium, yang memang disesuaikan dengan kebutuhan kalangan menengah ke atas tadi. Hal tersebut juga terlihat dari berbagai macam pembaharuan baik dari tampilan maupun spesifikasi yang dibawanya.

Salah satu pembaharuan yang dibawa tersebut adalah adanya sertifikasi IP68 yang menjadikan ponsel ini menjadi sangat unggul. Lantas apa saja keunggulan yang dimiliki oleh ponsel pintar satu ini? Simak review Samsung Galaxy A5 berikut ini.

Desain Galaxy A5
Untuk urusan desain, sepertinya Samsung Galaxy A5 mulai mencoba hal yang baru dengan mengubah ciri khas yang dimiliki oleh Samsung Galaxy seri A meskipun sebenarnya material dasar pembuatannya masih menggunakan bahan yang sama.

Seperti yang sudah dibahas tadi, Samsung Galaxy A5 memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan S7. Salah satu ciri paling kental yang terlihat adalah adanya garis vertikal berwarna putih pada bagian tepi bawah dan atas layar, Samsung Galaxy A5 juga memiliki hal serupa. Hanya perbedaanya adalah pada Galaxy A5 tampilan garis vertikal tersebut terlihat lebih minimalis daripada yang dimiliki oleh S7 karena secara keseluruhan, dimensi yang dimiliki A5 yaitu 146.1 x 71.4 x 7.9 mm.

Untuk bobot sendiri, A5 memiliki bobot mencapai 157 gram. Bobot yang cukup terasa berat ini berasal dari penggunaan bahan metal yang digunakan pada desain unibody-nya. Sayangnya, pemilihan bahan metal tersebut terasa sangat licin, sehingga sangat mudah sekali untuk tergelincir, terlebih lagi ketika digunakan dengan satu tangan.

Pada bodi belakang, A5 memiliki desain sedikit melengkung sehingga membuatnya semakin mudah untuk terjatuh, terutama saat digunakan oleh orang yang memiliki tangan mudah berkeringat. Nah itulah sedikit review Samsung Galaxy A5 dari segi desain, selanjutnya adalah dari segi layar yang digunakan.

Layar Samsung Galaxy A5
Dari segi layar, Samsung Galaxy A5 memiliki bentang layar sebesar 5.2 inci. Ukuran layar ini dianggap cukup proporsional. Selain itu walaupun memiliki tambahan bezel di bagian samping, akan tetapi tidak membuat ukuran layarnya menjadi terlihat menciut.

Dengan ukuran layar 5.2 inci, menjadikan A5 tidak terasa begitu sesak ketika dimasukan ke dalam saku. Walau begitu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, karena permukaan bodi ponsel ini cukup licin, maka harus sangat berhati-hati ketika dimasukan ke dalam saku. Ini karena permukaan bodi yang cukup licin membuatnya sangat mudah untuk keluar dari dalam saku karena gerakan tertentu.

Layar sebesar 5.2 inci yang dimiliki A5 beresolusi Full HD 1920 x 1080. Resolusi Full HD tersebut membuat gambar yang tertampil sangat detail dan sempurna. Layar yang dimiliki oleh A5 ini Super Amoled, sebuah teknologi layar paling anyar yang dikembangkan oleh Samsung.
Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun dari beberapa review Samsung Galaxy A5, layar ponsel satu ini memiliki efek bayangan atau efek ghosting sehingga sering kali menjadi gangguan ketika ponsel ini digunakan di bawah terik matahari secara langsung.

Kamera Samsung Galaxy A5
Untuk urusan kamera, Samsung tidak pernah main-main. Samsung A5 menghadirkan kamera dengan resolusi hingga 16 MP baik itu pada bagian depan maupun pada bagian belakang. Untuk mendukung kinerja kamera tersebut, Samsung tak lupa menyematkan LED Flash untuk membantu dalam pengambilan gambar dalam kondisi yang kurang pencahayaan (low light).

Fitur-fitur tambahan pada sektor kamera juga cukup lengkap seperti misalnya fitur auto focus, fitur pengambilan gambar profesional seperti sistem manual pada kamera SLR, modus pengambilan gambar, hyperlapse, HDR, night shoot dan lain sebagainya. Untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, pengguna hanya perlu melakukan swipe dari bagian kiri layar ponsel.

Sebetulnya, disamping fitur-fiturtadi, masih banyak lagi fitur-fitur yang lainnya. Misalnya fitur beauty yang mampu menyamarkan jerawat pada wajah sehingga kulit wajah tampak lebih bersih dan juga cantik.

Nah, dari beberapa review Samsung Galaxy A5 lainnya, semua hampir sepakat bahwa kamera Galaxy A5 tergolong sangat baik. Oleh sebab itu, untuk anda yang memiliki kegemaran mengambil gambar ataupun berfoto selfie, smartphone satu ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk anda.
Kebal Terhadap Air dan Debu Dengan Sertifikat IP68

Kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A5 selanjutnya adalah smartphone ini telah memiliki sertifikat IP68. Dengan sertifikat tersebut, membuat A5 kebal terhadap air dan juga debu. Sehingga pengguna tetap dapat melakukan berbagi aktivitas dengan smartphone ini walaupun berada di bawah guyuran hujan deras sekalipun.

Walaupun kebal terhadap air hingga kedalaman 1.5 meter, bukan berarti Galaxy A5 bisa dioperasikan dengan mudah ketika di dalam air. Tekanan yang muncul dari dalam air membuat banyak aplikasi berlompatan dan terakses dengan sendirinya tanpa di sentuh sekalipun. Oleh sebab itu, walaupun tahan terhadap air, sebaiknya anda tidak menggunakan A5 ketika berada di kolam renang atau bahkan membawanya menyelam.

Kekebalan terhadap air hanya dimaksudkan agar si ponsel tidak mengalami kerusakan ketika terciprat air, kehujanan ataupun terjatuh ke dalam kolam. Walau begitu, ketika akan melakukan charging, sebaiknya ponsel dalam keadaan benar-benar kering, karena dari beberapa review Samsung Galaxy A5 yang ada, ketika ponsel diuji ketahanannya terhadap air dan coba di charge, baterai tidak mau mengisi sama sekali, barulah ketika sudah benar-benar kering, ponsel dapat di charge.

Performa Yang Menawan
Untuk urusan performa, Samsung Galaxy A5 menggunakan prosesor Exynos 7880 berarsitektur 8 inti Cortex-A53. Kecepatan pemrosesan datanya mencapai 1.9 GHz. Ram-nya sendiri sebesar 3 GB dan media penyimpanan datanya mencapai 32 GB.

Dengan dapur pacu yang sangat gahar tersebut, masuk akal jika kemudian A5 termasuk dalam smartphone yang memiliki nilai cukup tinggi ketika diuji dengan menggunakan aplikasi benchmark Antutu yaitu mencapai 59.309.

Ketika dilakukan review Samsung Galaxy A5 dengan menjalankan dua aplikasi game HD mobile legend dan game Full HD Super Tank Wars secara bersamaan, terbukti ke dua game tersebut dapat berjalan dengan baik, bahkan lompatan aplikasi pun tidak menimbulkan lag sama sekali.
Nah, berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A5 ini, sedikit banyak dapat dijadikan pilihan lain untuk anda yang menginginkan smartphone canggih dengan harga yang tidak semahal Samsung Galaxy S7. Dengan membaca review Samsung Galaxy A5 semoga dapat sedikit mencerahkan anda untuk memilih smartphone mana yang memang cocok dengan apa yang anda butuhkan.

You May Also Like