kanker payudara
Simbol kanker payudara.

Gaya Hidup Peningkat Kemampuan Bertahan Hidup dari Kanker Payudara

Diposting pada

Bhataramedia.com – Menurut kajian ilmiah skala besar, olahraga, makan sehat dan kontrol berat badan yang baik dapat membantu meningkatkan kelangsungan hidup pasien kanker payudara.

Para peneliti menganalisis 85 studi yang melibatkan lebih dari 164.000 wanita di seluruh dunia dan menemukan bahwa kelangsungan hidup pasien kanker payudara dapat dikaitkan dengan: berat badan yang sehat, aktivitas fisik, makan makanan berserat dan kedelai, serta asupan lemak yang lebih rendah, khususnya lemak jenuh.

Namun, laporan dari American Institute for Cancer Research (AICR) dan World Cancer Research Fund International’s Continuous Update Project tersebut mengatakan bahwa bukti-bukti yang tersedia saat ini masih belum cukup kuat untuk membuat rekomendasi yang kuat untuk pasien-pasien yang bertahan dari kanker payudara.

Temuan tersebut mendukung rekomendasi AICR yang menyatakan bahwa bahwa semua penderita kanker seharusnya makan diet nabati, menjaga berat badan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

“Meskipun sulit untuk membuat rekomendasi spesifik, penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang memiliki berat badan yang sehat dan aktif secara fisik, baik sebelum dan setelah mereka didiagnosis, memiliki kesempatan lebih baik untuk bertahan dari kanker payudara dan tidak mendapatkan kanker payudara primer kedua,” kata Dr. Anne McTiernan, pemimpin panel yang menulis laporan dan peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle.

“Kita perlu mengetahui lebih banyak mengenai efek faktor lain pada hubungan antara gaya hidup dan kelangsungan hidup, termasuk jenis tertentu dari tumor, tahap di mana tumor ditemukan, pengobatan kanker sebelumnya dan faktor sosial ekonomi,” tambahnya, seperti dilansir AICR (16/10/2014).

Menurut AICR, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa berat badan yang sehat menurunkan risiko delapan jenis kanker, termasuk kanker payudara pascamenopause.

“Kami tahu ada banyak alasan bagi wanita untuk makan diet nabati dan aktif secara fisik, baik untuk pencegahan kanker dan kesehatan secara keseluruhan,” kata Alice Bender, associate director untuk program gizi di AICR.

“Bagi orang-orang yang bertahan dari kanker, mulailah melakukan perubahan kecil yang dapat Anda lakukan. Misalnya, mengambil keuntungan dari saat Anda merasa sehat untuk berjalan atau bergerak di dalam beberapa cara. Gunakan sayuran beku sebagai cara mudah untuk meningkatkan diet sehat Anda,” saran Alice.

Menurut AICR , stiap tahunnya, lebih dari 232.000 wanita didiagnosa menderita kanker payudara  di Amerika Serikat. Saat ini, ada lebih dari 3,1 juta penderita kanker payudara di Amerika Serikat.