Apakah Statin dapat Digunakan untuk Mengobati Ebola?

ilustrasi obat

Bhataramedia.com – Beberapa peneliti berpendapat bahwa Statin dapat dipertimbangkan sebagai pengobatan untuk Ebola.

Menurut laporan Fox News, selain menurunkan kadar kolesterol, statin memiliki sifat antiinflamasi dan beberapa ilmuwan mengatakan bahwa statin kemungkinan dapat melawan respon sistem kekebalan tak terkendali pada pasien Ebola yang merusak tubuh.

David Fedson, M.D., seorang pensiunan profesor dan ahli vaksin di Prancis, mendukung hal tersebut secara editorial pada topik di Journal of Infectious Diseases.

“Pada pasien dengan Ebola, virus dapat menyebabkan gejala yang mengancam jiwa dengan menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga menyebabkan pelepasan molekul inflamasi yang berbahaya. Statin dapat membantu menjinakkan pelepasan molekul tersebuti,” kata Dr. Fedson.

“Statin juga telah diusulkan sebagai pengobatan untuk pasien dengan sepsis, infeksi darah yang melibatkan respon imun tak terkendali sama seperti yang terlihat pada pasien Ebola,” kata Dr. Fedson. Studi tahun 2012 pada 100 pasien menemukan bahwa pasien yang diberi statin 83 persen lebih kecil kemungkinanny mengembangkan sepsis akut (dengan kegagalan satu organ atau lebih), dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi statin.

“Statin juga dapat membantu mengurangi kemungkinan pasien Ebola mengalami pendarahan, karena obat tersebut mempengaruhi pembekuan darah,” kata Anita McElroy dan Christina Spiropoulou, M.D., dari Centers for Disease Control and Prevention, di dalam catatan yang menyertai editorial.

“Para peneliti ​​belum mengembangkan vaksin yang efektif terhadap EVD (Ebola virus disease) dan perawatan pasca infeksi yangmenargetkan virus atau respon “host” masih berada di dalam tahap awal pengembangan,” tulis Dr. Fedson. “Statin, bagaimanapun, banyak tersedia untuk dokter di Afrika sebagai obat generik yang murah dan digunakan untuk mengobati pasien dengan penyakit kardiovaskular setiap hari,” lanjut Dr. Fedson.

Amesh Adalja, M.D., seorang perwakilan dari Infectious Disease Society of America, setuju bahwa menggunakan statin untuk Ebola adalah “suatu ide yang menjanjikan dan layak untuk dipelajari.”

You May Also Like