ibu hamil, kehamilan
Ilustrasi, ibu hamil.

Kekurangan Vitamin D Membuat Proses Persalinan Lebih Menyakitkan

Diposting pada

Bhataramedia.com – Menurut penelitian terbaru, tingkat vitamin D yang rendah dapat membuat proses persalinan lebih menyakitkan.

American College of Obstetricians dan Gynecologists menyatakan bahwa kekurangan vitamin D terjadi adalah umum selama kehamilan, khususnya di kalangan wanita yang berisiko tinggi, seperti wanita vegetarian, wanita yang memiliki sedikit paparan sinar matahari dan wanita dari anggota etnis minoritas.

Studi baru tersebut melibatkan 93 wanita hamil yang diperiksa tingkat vitamin D-nya sebelum melahirkan dan yang menerima epidural untuk nyeri selama persalinan. Para peneliti mengukur berapa banyak obat penghilang rasa sakit yang diperlukan setiap wanita saat melahirkan.

Menurut hasil penelitian, wanita dengan kadar vitamin D yang lebih rendah memerlukan lebih banyak obat nyeri dibandingkan wanita dengan tingkat vitamin D yang lebih tinggi. Penelitian ini dipresentasikan hari Selasa pada pertemuan tahunan American Society of Anesthesiologists di New Orleans.

“Wanita sering mengalami tingkat vitamin D yang lebih rendah dari normal selama kehamilan. Kami menemukan bahwa pasien dengan kadar vitamin D rendah mengalami peningkatan rasa sakit saat melahirkan,” kata penulis senior Dr. Andrew Geller, seorang ahli anestesi di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles.

“Mengingat hasil penelitian tersebut, pencegahan dan pengobatan kadar vitamin D rendah pada ibu hamil kemungkinan memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan nyeri selama persalinan pada jutaan wanita setiap tahunnya,” tambahnya, seperti dilansir NewsmaxHealth (14/10/2014).

“Topik ini perlu ditinjau kembali dan penelitian tambahan harus dilakukan untuk menentukan bagaimana kita dapat meningkatkan hasil bagi para wanita,” Geller menyimpulkan.