kesehatan mulut
Ilustrasi.

Bau Mulut Setelah Bangun Tidur? Ini Penyebabnya !

Diposting pada
kesehatan mulut
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Setiap orang bangun tidur dengan bau mulut setiap pagi. Anda pun pasti mengalaminya.

Penyebabnya adalah terjadi penurunan produksi air liur sehingga mulut menjadi kering. Pada kondisi mulut kering, bakteri penyebab bau mulut berkembang biak dengan cepat. Menurut penelitian, bakteri ini menyumbang sekitar 25 persen dari penyebab bau mulut. Bakteri penyebab mulut berbau biasanya hidup dan berkembang biak di di gigi, gusi, dan lidah.

ÔÇťOrang yang tidur dengan mendengkur, mulut terbuka atau bernapas melalui mulut akan memiliki bau mulut lebih tajam dibandingkan orang yang tidak mendengkur. ,” kata Sally Cram J., DDS, seorang periodentist di Washington DC, sebagaimana dilansir Every Day Health.

Salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bau mulut dan mengembalikan kesegaran mulut adalah dengan menggosok gigi hingga ke bagian dalam setidaknya selama 2 menit.

Cara lainnya untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan berkumur dengan air atau mouthwash. Gunakan obat kumur yang mengandung senyawa atau zat pembunuh bakteri. Berkumur selama sekitar 30 detik dapat membantu efektivitas kinerja obat kumur di dalam mulut.

Anda juga dapat menggunakan bahan alami yang ada di sekitar anda untuk menghilangkan bau mulut. Cobalah berkumur dengan air garam atau air rebusan sirih.