Teknologi Terbaru yang Akan Booming di Tahun 2019

Teknologi Terbaru yang Akan Booming di Tahun 2019

Sejak usainya perang Dunia kedua, teknologi berkembang sangat pesat. Hingga saat ini teknologi masih terus berkembang. Di tahun 2019 Teknologi Terbaru di bawah ini diprediksi akan booming.

Artificial Intellegence (AI)

Artificial Intellegence atau juga dikenal dengan singkatan AI adalah sebuah teknologi terbaru berupa kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan adalah suatu tingkatan teknologi yang lebih tinggi dari pada komputer. Komputer hanya bisa menjalankan suatu perintah atau instruksi dalam bentuk algoritma, namun jika terjadi suatu kondisi yang berbeda dari algoritma yang biasanya, maka komputer sudah tidak dapat bekerja. Hal ini sangat berbeda dengan AI yang mampu menjalankan suatu algoritma tertentu, dan mampu mengevaluasi diri serta memperbaiki diri secara otomatis.

Sebenarnya AI sudah ada sejak lama, contohnya pada mesin pencarian milik Google yang sudah menggunakan AI. AI ini dapat bertindak saat anda melakukan typo sewaktu ingin mencari sesuatu di Google, namun ternyata di bawahnya typo anda tadi sudah ada rekomendasi pencarian yang benar. Nah itulah salah satu contoh dari AI, dan tentunya masih banyak lagi AI-AI yang sudah bertebaran, misalnya adalah smart assitance pada smartphone. Nantinya akan lebih banyak pengembangan AI khususnya dalam dunia kesehatan, pendidikan, industri, dan lain-lain.

Smartphone 5G

Teknologi jaringan 5G sebenarnya sudah dapat digunakan pada sebuah router atau router tanpa kabel. Tahun 2019 diperkirakan teknologi 5G akan masuk ke smartphone. Hal ini dibuktikan dengan smartphone merk Motorola Z3 di Amerika Serikat yang sudah didukung dengan jaringan 5G. Termasuk merk-merk ponsel lainnya juga tidak ketinggalan untuk mengembangkan jaringan 5G. Samsung, Xiao Mi, Huawei hingga Sony diperkirakan akan meluncurkan smartphone 5G pada tahun 2019 ini. Teknologi jaringan 5G sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh jika dibandingkan jaringan 4G dalam hal kecepatan, namun perbedaan tipis itu berpengaruh signifikan. Pada jaringan 5G nantinya pengguna smartphone dapat menikmati streaming video dengan kualitas Ultra HD hingga video-video 3D.

Wireless Charger

Charger wireless alias chager tanpa kabel sebenarnya sudah dikembangkan oleh Dell sekitar tahun 2017. Sayangnya teknologi ini hanya bisa digunakan pada laptop Dell saja. Oleh karena itu perusahaan startup atas nama Energy Square mengembangkan sebuah teknologi wireless charger yang bisa digunakan secara universal, mulai laptop berbagai merk, smartphone, hingga headphones, dan lain-lainnya. Selain Energy Square, ternyata Apple juga mengembangkan teknologi yang serupa. Teknologi milik Apple ini rencananya akan diluncurkan tahun 2019, dan dapat digunakan untuk Airpods.

Foldable Display

Foldable display atau layar lipat diperkirakan akan booming mulai tahun 2019. Jika pengembangan layar terkini yang kita ketahui adalah touch screen, maka kini bersiap-siaplah untuk tercengang dengan teknologi layar lipat. Seperti kita tahu saat ini proses penyimpanan smartphone dengan layar touch screen yang besar menjadi lebih susah. Nantinya semuah touch screen bisa dilipat dan lebih mudah untuk disimpan dalam saku, tas, dan tempat-tempat lainnya. Selain lebih mudah disimpan, nantinya layar lipat ini mampu membuat layar akan lebih lebar beberapa kali lipat saat dibuka. Samsung dan Huawei diperkirakan akan menjadi pelopor peluncuran smartphone dengan konsep foldable display.

Itulah beberapa Teknologi Terbaru yang diprediksi akan booming di tahun 2019 ini. Mari kita nantikan, dan mari kita sikapi dengan bijak setiap perkembangan teknologi ini, agar perkembangan teknologi tetap bersifat konstruktif dalam kehidupan setiap makhluk hidup di dunia ini.

You May Also Like