Apa Pengertian Diskus Interkalaris

Apa Pengertian Diskus Interkalaris

Bhataramedia.comApa Pengertian Diskus Interkalaris. Di dalam tubuh kita terdapat lebih dari 600 sistem otot yang terbentuk dari sel – sel khusus atau yang biasa disebut serabut otot. Meskipun hanya otot rangka yang dapat terlihat dari luar karena terletak tepat di bawah kulit, namun nyatanya ada otot – otot lainnya yang mesti kita ketahui seperti otot lurik, otot polos dan juga otot jantung.

Berbicara mengenai otot jantung, pada otot jantung hewan terdapat daerah gelap yang menyilang diantara serabut otot yang diberi nama diskus interkalaris yang mana juga merupakan ciri khas dari otot jantung. Lalu, apa sebenarnya diskus interkalaris itu? Berikut penjelasan lebih lanjutnya mengenai diskus interkalaris yang ada didalam otot jantung hewan. Simak baik – baik yaa.

Pengertian Diskus Interkalaris

Jantung merupakan organ yang paling penting yang berfungsi untuk memompa darah yang mengandung nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh. Jantung memiliki otot yang juga terdiri dari banyaknya sel bercabang yang mana membuat banyaknya hubungan diantara sel otot jantung lainnya yang dibatasi dengan diskus interkalaris.

Jadi diskus kalaris merupakan membran sel pemisah masing – masing sel ototo pada jantung yang percabangannya bisa terlihat dengan jelas apabila melihatnya menggunakan mikroskop. Yang mana bisa juga diartikan sebagai pembatas unit fungsional dasar dari otot lurik.

Hubungan yang Berada Dalam Diskus Interkalaris

Diskus interkalaris merupakan penghubung sel – sel otot jantung yang membentu garis lurus memanjang. Didalamnya juga terdapat hubungan antara Fasicia Adherens, Maskula Adherens dan Tap Junction yang masing – masingnya memiliki tugas sebagai berikut:

  • Fascia Adherens, sebagai tempat melekatkan filameton aktif pada sarkomer terminal.
  • Maskula Adherens, berfungsi untuk menyatukan otot jantung yang berkontraksi secara terus menerus agar tidak terpisah.
  • Gap Junction, merupakan kontinuitas ionik antar sel yang saling berdekatan.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian dari diskus interkalaris yang terdapat pada otot jantung hewan. Semoga bermanfaat untuk kita dan bisa menambah wawasan kita akan hubungan yang terjadi didalam otot, khususnya otot jantung.

You May Also Like