Gejala dan Cara Mengatasi Keracunan Klorin

keracunan klorin - IG

BHATARAMEDIA.COM – Gejala dan Cara Mengatasi Keracunan Klorin Banyak sekali produk dan kebutuhan industri rumah tangga yang menggunakan bahan klorin dan ternyata zat ini menjadi salah satu zat yang berbahaya ketika memasuki tubuh manusia yang bisa berakibat keracunan. Beberapa bahan industri rumahan yang menggunakan klorin diantaranya adalah pemutih, pembersih, pemurni air, sampai disinfektan. Zat tersebut ternyata dalam hasil penelitian bisa berakibat keracunan terhadap tubuh manusia ketika terpapar sampai tertelan sehingga hal ini harus diwaspadai apabila ada seseorang yang keracunan zat klorin maka ada beberapa tips yang harus dilakukan supaya tidak berakibat buruk.

Gejala dan cara mengatasi keracunan klorin yang akan kami bahas pada artikel kali ini supaya Anda mengetahui dengan seksama, apa saja yang bisa menyebabkan keracunan tersebut. Seperti diketahui apabila Klorin adalah zat yang bisa bereaksi dengan air baik di luar maupun di dalam tubuh manusia dan apabila anda menelan maupun menghirup klorin secara berlebihan maka zat tersebut akan bereaksi dengan tubuh manusia dan nantinya reaksi tersebut akan membentuk asam klorida dan asam hipoklorida yang ternyata sangat berbahaya untuk tubuh manusia dikarenakan beracun.

Ketika anda semua menelan terlalu banyak air kolam renang yang di dalamnya mengandung klorin maka hal tersebut bisa berakibat Anda keracunan hal tersebut dikarenakan fungsi klorin sendiri bisa digunakan untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri yang ada di kolam renang walaupun digunakan dalam batas aman namun terkadang bisa menimbulkan keracunan jika tertelan terlalu banyak.

Gejala keracunan klorin

Ada beberapa gejala yang harus anda ketahui ketika keracunan klorin dan biasanya tergantung dari jumlah zat yang masuk ke dalam tubuh manusia di mana gejala yang muncul akan terasa cepat setelah di telan atau dihirup.

Ada beberapa gejala yang harus anda ketahui Ketika seseorang mengalami keracunan diantaranya sebagai berikut:

  1. Mulut terasa panas seperti terbakar
  2. Sakit tenggorokan dan sakit perut yang disertai muntah
  3. Akan selalu buang air besar dan berdarah
  4. Sulit bernapas
  5. Tenggorokan terasa bengkak
  6. Paru-paru air
  7. PH darah menjadi tidak seimbang jika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut
  8. Tekanan darah rendah.

Cara mengatasi keracunan klorin

Selanjutnya bagi anda semua yang sudah terlanjur keracunan klorin maka bisa diatasi dengan berbagai cara seperti dikutip dari berbagai sumber maka caranya dalam mengatasi keracunan klorin sebagai berikut.

  1. Apabila keracunan karena menghirup gas klorin, maka anda bisa secepatnya meninggalkan area tersebut lalu pindah ke tempat yang mempunyai udara segar dan bersih.
  2. Jika keracunan klorin mengenai kulit maka anda bisa mencuci bagian tersebut menggunakan sabun dan air bersih.
  3. Apabila keracunan klorin masuk ke area mata Maka segeralah membilas menggunakan air mengalir sampai tidak terasa perih.
  4. Apabila keracunan klorin akibat tertelan maka sebaiknya jangan meminum cairan apapun dan jangan memaksa klorin keluar dengan cara dimuntahkan namun sebaiknya Anda perbanyak minum air putih atau langsung memeriksakan diri ke dokter.
  5. Ketika anda keracunan klorin yang lumayan parah, maka biasanya dokter akan mengatasi keracunan klorin dengan banyak perawatan mulai dari memberikan obat memberikan infus sampai oksigen tambahan malahan di dalam beberapa kasus Dokter pun akan mengosongkan perut menggunakan prosedur pengisapan lambung.

Cara mencegah keracunan klorin

Bagi Anda yang merasa bingung dan bagaimana caranya untuk mencegah keracunan klorin maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan diantaranya sebagai berikut!

  • Sangat dianjurkan untuk membaca dan mengikuti seluruh petunjuk penggunaan produk yang didalamnya mengandung klorin
  • Tidak boleh mencampur bahan kimia klorin dengan produk atau zat lain dengan sembarangan.
  • Menggunakan pakaian sesuai yang diinstruksikan dalam produk
  • Tidak boleh memakai klorin di area tertutup tanpa adanya ventilasi udara
  • Simpanlah klorin di tempat yang aman dan jauhkan dari jangkauan anak
  • Tidak boleh menelan air kolam renang.

 

You May Also Like